SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Pemkot Janji Permudah Urusan Pelaku UKM

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 27 Maret 2018 15:00
Pemkot Janji Permudah Urusan Pelaku UKM

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) berupaya mewadahi dan memberikan fasilitas untuk para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) dalam meningkatkan produktivitas. Atas dasar itulah Pemkot Makassar memberikan kemudahan kepada pelaku UKM dalam hal perizinan dan permodalan.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali kota Makassar, Syamsu Rizal MI saat ditemui usai membuka kegiatan Sosialisasi dan Diskusi Bisnis oleh Indonesia Women IT Awareness, Senin (26/3) kemarin.

Menurut Deng Ical, UKM perlu dukungan dari Pemerintah Kota Makassar tentunya, mulai dari fasilitas dan beberapa kemudahan yang diberikan kepada pelaku usaha. “Kan ada beberapa fasilitas yang sudah kita siapkan, termasuk kemudahan dan kemurahan akta pendirian, dan permodalan,” kata Deng Ical.

Lanjut Deng Ical, saat ini sementara menunggu hasil koordinasi dengan salah satu perbankan yang ingin mempermudah atau menurunkan standar perizinannya.

Deng Ical menegaskan setiap pelaku harus memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). “Supaya produknya itu terlindungi dan memiliki nilai tambah yang tinggi. Itu juga menjadi masukan bagi kami, mudah-mudahan kami bisa fasilitasi untuk pengurusan HAKI-nya,” ucapnya.

Deng Ical menyebutkan ada 12 ribu entitas UMKM yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Makassar. Ribuan entitas UMKM ini, akan terus bertambah setelah dilakukan sensus di 6 Kecamatan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi (Diskop) Kota Makassar Evy Aprialti mengatakan bahwa peran pemerintah dalam meningkatkan UKM terus digalakkan, hal itu terlihat dari beberapa UKM diberikan bantuan baik dari pemerintah maupun CSR.

“Kami dari Dinas Koperasi selalu memikirkan bagaimana meningkatkan usaha kerakyatan Khususnya UKM yang ada di lorong,” ucap Evi Aprialty.

Ia mengatakan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan program Dinas Koperasi sangat penting dilakukan. “Keinginan Pak Wali juga menghimbau kepada Pelaku usaha untuk mengenal lebih banyak program atau banyak kegiatan yang bisa memasarkan produknya, seperti promosi produk melalui IT,” jelas Evi. (*)


div>