SABTU , 26 MEI 2018

Pemkot Kaji Pembangunan Kolam Retensi

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 21 Desember 2017 16:13
Pemkot Kaji Pembangunan Kolam Retensi

kantor balaikota (ist)

* Rencana Dibangun di Lapangan Hertasning

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp 9 miliar untuk pembangunan kolam retensi yang rencananya akan dibangun di lapangan Hertasning, tahun 2018 mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase, Fuad Azis, mengatakan pembangunan kolam retensi di lapangan hertasning saat ini masih dalam kajian uji kelayakan.
“Anggaran kita siapkan Rp9 miliar khusus untuk di lapangan Hertasning, kita upayakan pembangunannya 2018,” kata Fuad, Rabu (20/12) kemarin.

Rencananya?, kolam retensi yang akan dibangun seluas 3×20 meter, dengan kedalaman 2,20 meter.
Kolam retensi ini berfungsi sebagai waduk tunggu yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya genangan air hujan saat air laut pasang.

“Sekarang kita hanya memperlambat air masuk ke kanal, nanti genangan disekitar situ (lapangan Hertasning) kita maksimalkan tertampung di kolam retensi itu. Jadi setelah hujan deras kita pompa dan buangannya itu di waduk Pampang,” jelasnya.

Meski begitu, kata Fuad rencana pembangunan kolam retensi di lapangan Hertasning harus menunggu pengerjaan kolam retensi di halaman kantor gubernur Sulsel selesai.

“Inikan sudah perencanaan dan sudah uji publik (halaman kantor gubernur), yang bersangkutan (perusahaan Jepang) janjinya 2018 In sya Allah. Kalau yang di kantor gubernur berhasil baru kita bangun di lapangan Hertasning,” ujar Fuad.

Sementara itu, Kepala Bidang Teknis Dinas PU, Ansuard, mengaku saat ini masih melakukan kajian perihal pembangunan kolam retensi tersebut.

“Kita mau teliti dulu bisa atau tidak. Kalau bisa sekalian kita angkat itu lapangan bola karena kan sering terjadi genangan disitu,” ujar Ansuard. (*)


div>