RABU , 21 NOVEMBER 2018

Pemkot Makassar Bakal Hadirkan Jaringan Telekomunikasi di Kodingareng

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 24 Agustus 2017 20:23
Pemkot Makassar Bakal Hadirkan Jaringan Telekomunikasi di Kodingareng

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali. foto: suryadi maswatu/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, merespon cepat niat Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang ingin menghadirkan jaringan telekomunikasi di Pulau Kodingareng, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

Kepala Diskominfo Kota Makassar, Ismail Hajiali, mengaku telah menindaklanjuti keinginan orang nomor satu di Makassar itu dengan menggandeng salah satu provider untuk sesegera mungkin menghadirkan dukungan jaringan komunikasi di Kodingareng tersebut.

“Kita sudah tindaklanjuti, untuk sementara saat ini salah satu provider yakni PT. Smartfren Telecom Tbk telah menurunkan tim surveinya ke pulau Kodingareng,” terang Hajiali, Kamis (24/8).

Sementara, Camat Kepulauan Sangkarrang, Firnandar Sabara menuturkan, Pulau Kodingareng adalah salah satu pulau di wilayah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar yang hingga saat ini belum terjangkau oleh jaringan komunikasi.

Mantan Sekretaris Camat Tamalate ini juga mengaku sangat mengapresiasi respon cepat yang ditunjukkan Wali Kota Makassar dan Diskominfo, terkait kebutuhan warga di wilayahnya tersebut.

“Kehadiran jaringann komunikasi sangat besar perannya di Kodingareng dan Pemkot Makassar dalam waktu dekat akan segera menghadirkan jaringan seluler di pulau yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan ini,” ujar Firnandar.

Menurutnya, selama ini jika berada di Kodingareng, seakan-akan hubungan dengan dunia luar terputus. satu-satunya sumber informasi yang ada hanya melalui siaran televisi. Sementara saat ini arus informasi dari berbagai media sangat penting, semisal informasi lokal yang ada di media sosial juga sangat besar peranannya, sehingga Pulau Kodingareng termasuk agak tertinggal.

[NEXT-RASUL]

“Di samping pemenuhan kebutuhan akan akses informasi dua arah, kami selaku pemerintah kecamatan juga akan sangat terbantu dengan hadirnya jaringan seluler, pasalnya kegiatan pembangunan akan semakin efektif dengan adanya dukungan sarana komunikasi yang lancar,” beber Firnandar.

Dengan demikian, Firnandar optimis tingkat kesejahteraan warga juga akan mengalami peningkatan, lantaran aktifitas ekonomi masyarakat dalam memasarkan produksi dari sektor perikanan akan lebih mudah.

“Mereka nantinya dalam memasarkan produk perikanan, dapat melakukan transaksi sewaktu-waktu hanya via handphone saja, jadi sangat efektif dan menghemat waktu,” pungkasnya.


div>