SENIN , 22 OKTOBER 2018

Pemkot Makassar Sosialisasi Hak Azasi Manusia

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 28 April 2016 16:25

MAKASSSAR, RAKYATSULSWL.COM – Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (RAN-HAM) oleh Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kota Makassar melaksanakan sosialisasi gerakan pendidikan berbasis hak asasi manusia yang diselenggarakan di Malassar Golden Hotel, Kamis (28/4).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Ibrahim Saleh merupakan implementasi dari peraturan Walikota Makassar, untuk mewujudkan kota Makassar sebagai kota Peduli HAM.

Sosialisasi yang bertemakan Kota Makassar menuju Kota Peduli HAM merupakan upaya Pemerintah kota Makassar dalam komitmennya penegakan HAM, khususnya dalam pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, dan pelayanan publik lainnya, sesuai norma hak asasi Manusia, menuju gerakan pendidikan yang berbasis HAM.

Dalam Sambutannya dihadapan para peserta Sosialisasi Ibrahim Saleh, menyerukan dan mendorong aparat pemerintah untuk menyamakan persepsi serta pemahamannya tentang Hak Asasi Manusia, dalam mewujudkan kota makassar sebagai Kota pendidikan berbasis HAM yang mengacu pada Norma dan Standar hak Asasi Manusia.

“Dengan melakukan koordinasi dan konsultasi antara lembaga secara berkesinambungan, tentunya akan menciptakan perlindungan dan penghormatan kepada seluruh lapisan Masyarakat. begitupun sebaliknya setiap aparat mampu menjalankan fungsi dan tugasnya sehingga indikator yang menyebabkan pelanggaran hak asasi manusia mampu kita cegah,” jelas Ibrahim Saleh.

Demikian pula dalam dunia pendidikan terjadinya bentuk bentuk kekerasan karena kurangnya pemahaman tentang penghormatan hak asasi manusia.

“Khususnya dalam proses belajar mengajar, sesuai standar dan norma norma hak asasi manusia, dengan pengaplikasikannya baik di lingkungan Masyarakat maupun ditempat kerja kita Masing masing,” jelasnya.

Sebagai Nara sumber ditampilkan bapak Syahruddin Nawi, Muhtar Tahir, dan diikuti 50 peserta dari UPTD di 14 Kecamatan dalam wilayah Kota Makassar.


div>