MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Pemkot Parepare Belajar Penanganan PMKS di Makassar

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 20 Desember 2016 19:26
Pemkot Parepare Belajar Penanganan PMKS di Makassar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare belajar penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Makassar, seperti penanganan anak jalanan (Anjal), Psikotik (orang gila) dan jenis lain di kantor Dinas Sosial Kota Makassar, Selasa (20/12).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehsos) dan Pemberdayaan Dinas Sosial Kota Parepare, Irya Suryani bersama 8 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, mengatakan kehadiran mereka untuk mensinergikan program yang ada, bahkan berniat mengadopsi program Pemerintah Kota Makassar yang relevan dengan kondisi sosial dan budaya kota Parepare.

“Kunjungan kita ini untuk mensinergikan program yang ada, sebab saya liat banyak program pemkot Makassar yang bagus dan apalagi Makassar tidak jauh berbeda dengan kondisi kultur Parepare. Tahun depan, kita akan intensifkan koordinasi,” ungkap Irma Suryani

Selain persoalan PMKS, pihaknya juga sangat tertarik dan banyak menanyakan tentang inovasi pemkot Makassar, salah satu yakni Forum Peduli Sosial (FPS) yang diinisiasi langsung oleh Kepala Dinas Sosial Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir.

“Kadinsos Makassar ini sangat inovatif, kalau bapak Kadis mau, saya akan minta secara khusus ke Wali Kota Parepare, supaya bapak dipindahkan,” ujar salah satu anggota DPRD Parepare, Andi Taupan Armas.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Mukhtar Tahir yang menerima langsung kunjungan tersebut banyak menjelaskan terkait dengan strategi penanganan PMKS di Kota Makassar seperti Tim Reaksi Cepat (TRC) Saribattang, Sosial Care Center (SCC) dan Forum Peduli Sosial (FPS).

“Kalau kita di sini ada namanya TRC Saribattang yang selalu patroli setiap hari walaupun hari libur, mulai pagi sampai malam hari. TRC Saribattang inilah yang menjangkau semua PMKS yang ada. Kita juga punya SCC sebagai wadah masyarakat untuk melaporkan atau mengadukan jika menemukan PMKS yang berkeliaran,” beber Utta, sapaan akrab Kadinsos Makassar ini.

Dia juga menjelaskan strategi Pemkot Makassar dalam mensinergikan seluruh satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memaksimalkan seluruh program yang ada yakni Tim Program Percepatan dan Pengendalian Makassar Tidak Rantasa’ (TIMPRO PP MTR). (ale)


div>