RABU , 17 OKTOBER 2018

Pemkot Parepare Dorong Percepatan Pembangunan PLTB di Sidrap

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 19 September 2017 11:52
Pemkot Parepare Dorong Percepatan Pembangunan PLTB di Sidrap

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap tak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Sidrap saja, namun juga bagi Pemerintah dan masyarakat Parepare.

Pasalnya, mobilisasi komponen turbin PLTB yang melalui Kota Parepare ternyata berdampak pula pada peningkatan perekonomian masyarakat Parepare secara signifikan.

Informasi ini disampaikan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe melalui Asisten I H Rusman Rahman dalam sambutannya pada kegiatan Mobilisasi Komponen Turbin PLTB Sidrap di pelataran Monumen Cinta Habibie Ainun, Senin, (18/09/2017) malam.

“Meskipun dibangun di Kabupaten Sidrap akan tetapi memiliki dampak ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat Parepare. Kehidupan perekonomian di Pelabuhan Parepare sangat meningkat secara signifikan berkat kehadiran peralatan PLTB ini,” ujar H Rusman Rahman.

Rusman Rahman juga menyampaikan, pihak Pemkot Parepare akan senantiasa terbuka untuk bekerjasama dan memfasilitasi segala hal yang dapat mempercepat proses pembangunan PLTB tersebut.

“Pembangunan PLTB telah menjadi kebanggaan masyarakat Parepare dan Sulsel. Proyek ini merupakan proyek yang cukup fenomenal mengingat ini pertama kalinya PLTB skala besar dibangun di Sulsel, bahkan di Indonesia,” paparnya.

PLTB Sidrap kata Rusman, akan menjadi pembangkit listrik angin terbesar di Indonesia yang akan menghasilkan daya 70 megawatt (MW) sehingga dapat mensuplai listrik di wilayah Ajattappareng.

“Kita berharap pembangunan PLTB Sidrap ini dapat terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga diharapkan dapat mensuplai listrik untuk Ajattappareng, termasuk Parepare,” harap Rusman.

Sementara, Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi Edwin Jahja, MBA yang diwakili Kevin Dabson Cef of Environment and Social, menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkot Parepare.

“Terima kasih Pemerintah Kota Parepare yang telah mendukung dan memfasilitasi pengangkutan material PLTB dari pelabuhan Nusantara menuju lokasi Sidrap Bayu Energi yang sampai saat ini berjalan dengan aman dan tertib,” terangnya.

Kegiatan mobilisasi turbin PLTB tersebut ditandai dengan penekanan tombol Pelepasan secara simbolis pemberangkatan dan Pengangkutan dari Pelabuhan Nusantara ke lokasi Sidrap Bayu Energi, Lainungan, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Sidrap. Penekanan tombol tersebut dilakukan oleh Asisten I Drs Rusman Rahman, bersama Dandim 1405/Mlts Letkol Czi Syarifuddin Sara, Ketua DPRD Kota Parepare Kaharuddin Kadir, dan Direktur PT. UPC Sidrap Bayu Energi Ir. Edwin Jahja, MBA.

(Adv/Nia)


Tag
  • parepare
  •  
  • PLTB
  •  
  • Sidrap
  •  
    div>