SENIN , 16 JULI 2018

Pemkot Parepare Segera Revisi RPJPD, Ikuti Regulasi dan Isu Strategis

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 03 Juli 2018 21:02
Pemkot Parepare Segera Revisi RPJPD, Ikuti Regulasi dan Isu Strategis

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) segera merevisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 Kota Parepare.

Revisi dinilai perlu untuk mengikuti perkembangan regulasi dan isu strategis terkini. Ini terungkap dalam Seminar Hasil Review Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Senin, 2 Juli 2018.

Menjadi narasumber dalam seminar, Dr Agussalim, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Sekretaris Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi mengatakan, rekomendasi umum dalam seminar adalah Pemkot Parepare dalam hal ini Bappeda perlu segera mempersiapkan dan melakukan revisi atau perubahan dokumen RPJPD Parepare tahun 2005-2025 karena sudah tidak sesuai dengan arahan peraturan perundangan dan perkembangan pembangunan terkini.

“Rekomendasi khusus adalah struktur dan muatan RPJPD perlu mengikuti arahan regulasi. Lalu, deskripsi gambaran umum kondisi daerah sebaiknya mengikuti empat aspek pembangunan daerah,” papar Eko.

Eko juga mengatakan, perlu dilakukan indentifikasi masalah dan isu strategis sebagai dasar formulasi ke depan.
Menurut dia, sasaran-sasaran pokok yang ingin dicapai dalam perspektif jangka menengah (lima tahunan) dan jangka panjang (20 tahun) perlu diungkapkan.

“Formulasi sasaran perlu disertai dengan indikator dan target kinerja yang terukur. Serta isu strategis terkini perlu diintegrasikan ke dalam dokumen RPJPD,” tandas Eko. (*)


div>