SENIN , 17 DESEMBER 2018

Pemkot Parepare Warning Pembakar Lahan dan Hutan, Ancaman 10 Tahun Penjara

Reporter:

Niar

Editor:

Rabu , 27 September 2017 14:15
Pemkot Parepare Warning Pembakar Lahan dan Hutan, Ancaman 10 Tahun Penjara

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemadam Kebakaran memberikan warning atau peringatan kepada pembakar lahan dan hutan yang kian meresahkan masyarakat, terlebih di musim kemarau ini.

“Cukup banyak kebakaran yang terjadi, khususnya kebakaran alang-alang. Oleh karena itu kami imbau kepada Pemilik Lahan agar tidak melakukan pembakaran, karena sangat berbahaya, terutama ini musim kemarau,” ujar Wahidin Syanur, Kepala Seksi Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Parepare.

Diuraikan, tercatat 158 kasus kebakaran lahan, berupa pembakaran alang-alang yang terjadi di Kota Parepare sejak 2017.

Mencegah para Pembakar alang-alang, Pihaknya kata dia, akan memberikan sanksi hukum bagi pelaku, agar jera dan tidak lagi merusak lingkungan dan ekosistem.

“Tentu ada sanksi hukum yang kita berikan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kita koordinasikan dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas Pembakar lahan dan hutan agar jera,” tegasnya.

Para pembakar lahan dijerat dalam Undang-undang No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH). Pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dengan pembakaran tersebut diancam dengan pidana 10 tahun penjara, dan denda maksimal Rp 10 miliar.

(Rahmaniar)


div>