SABTU , 15 DESEMBER 2018

Pemkot Uji Kompetensi 21 Pejabat

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 18 April 2017 18:20
Pemkot Uji Kompetensi 21 Pejabat

Suasana uji kompetensi terhadap sejumlah pejabat Eselon IIIA dan IIIB, dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, di Ruang Rapat Wali Kota Parepare, Selasa (18/04/2017).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Parepare Taufan Pawe, melakukan uji kompetensi terhadap sejumlah pejabat Eselon IIIA dan IIIB, dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaiaan dan Diklat Daerah (BKDD) Parepare di Ruang Rapat Wali Kota Parepare, Selasa (18/04/2017).

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur BKDD Parepare, Adriani Idrus, mengatakan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Tim Evaluasi Kinerja, melakukan pemetaan untuk mengetaui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) para pejabat di Kota kelahiran BJ Habibie tersebut.

Dia menyebutkan, adapun Tim Evaluasi Kinerja yang mendampingi Wali Kota sebagai PPK yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare Mustafa Andi Mappangara, Kepala BKDD Parepare Laetteng, Kepala Inspektorat Parepare Husni Syam, Asisten III Setdako Parepare Andi Rusia, dan Kepala Bidang Pengembangan Aparatur BKDD Parepare Adriani Idrus.

“Jadi, dengan dievaluasi langsung oleh PPK dalam hal ini Wali Kota Parepare, kemampuan para pejabat dan diukur, begitupun kinerja pejabat yang bersangkutan. Sebanyak total 21 pejabat administrator Eleson IIIA dan IIIB telah diuji,” katanya.

Dia menjelaskan, uji kompetensi tersebut akan ditindaklanjuti, mengingat ada beberapa jabatan yang lowong, dan tahun depan juga ada yang beberapa pensiun. Selain itu, kata dia, untuk melihat potensi pejabat yang laya untuk naik menjadi pejabat tingkat Eselon II. 

“Juga sebagai masukan dan bahan untuk pimpinan bahwa, lelang jabatan tidak perlu dibuka pada tingkat Provinsi. Karena, kita punya potensi pada tingkat lokal.” jelasnya.

Dia mengemukakan, uji kompetensi juga penting untuk menempatkan SDM pejabat sesuai kompetensi dan kualitasnya masing-masing. Terlebih, katanya, pada tahun ini BKDD Parepare mulai melakukan regenerasi SDM pejabat. 

“Mulai sekarang, kami terus upayakan pengembangan SDM dan penyegaran, kepada sejumlah pejabat yang ada. Bahkan, dala uji kompetensi tersebut, pejabat juga bisa menyampaikan masukan, keluhan, maupun inovoasi dan terobosan terkait kinerjanya,” terangnya.

“Diharapkan uji kompetensi tersebut, bisa dilakukan kepada semua pejabat. Namun, jadwalnya tidak tetap, dan disesuaikan dengan kesiapan Wali Kota dan Tim Evaluasi Kinerja,” ungkapnya.

Sementara, Kepala BKDD Parepare, Laetteng, menuturtkan, dalam tahun kompetisi 2017 ini, kompetisi aparatur juga harus ditingkatkan. Karena, kata dia, Wali Kota ingin melakukan pergerakan untuk percepatan pembangunan.

“Jadi, butuh aparatur yang handal. Dalam kompetensi tersebut, pejabat divealuasi dan dipotret oleh Wali Kota dan Tim Evalulasi Kerja. Selain itu, Wali Kota juga ingin memastikan kompetensi, motivai dan semangat kerja para pejabat. Semua terbaca pada saat wawancara,” bebernya.

Dia menambahkan, Wali Kota juga ingin memotivasi supaya pejabat melakukan peningkata kinerja dan SDM yang dimiliki. Supaya, lanjutnya, pejabat bisa melakukan lompatan-lompatan dalam pembangunan dan lebih berkompeten. (luk)


Tag
div>