JUMAT , 22 JUNI 2018

Pemprov Adopsi Staf Ahli dari Jerman

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 14 Juni 2017 13:36
Pemprov Adopsi Staf Ahli dari Jerman

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Jerman pernah melakukan penandatangan letter of intent (LoI) terkait rencana kerjasama dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) saat Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan Februari lalu.

Rencananya, Jerman akan menyiapkan SDM yang berpengalaman di berbagai bidang untuk diberdayakan menjadi staf ahli di unit-unit kerja atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemprov Sulsel. SDM Jerman itu merupakan ekspert di bidangnya masing-masing namun mereka sudah pensiun di negaranya.

Untuk menggunakan para tenaga ekspert tersebut, OPD harus mengisi aplikasi yang nantinya akan difasilitasi untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan.

Karena itu, digelar Sosialisasi dan Penyusunan Aplikasi Permohonan Pengiriman Tenaga Ahli Jerman di Hotel Grand Clarion Makassar, Senin (12/6), yang dihadiri langsung Konjen Indonesia untuk Jerman Wahyu Hersetiati.

Menurutnya, para ekspert yang dipersiapkan jadi tenaga ahli tersebut merupakan profesional di bidangnya, masih kuat dan sehat. Mereka nantinya akan mengajarkan keahlian yang dimiliki. Misalnya, tenaga yang ahli di bidang IT, Packaging, dan lainnya.

Para ekspert tersebut nantinya didanai oleh Jerman untuk ke Indonesia. Pemprov tinggal menyiapkan sarana dan akomodasi selama tinggal di daerah ini.

“Jadi formulirnya sudah disiapkan. Ada sekira 340 sertifikasi yang ditawarkan dalam aplikasi itu,” ungkap Wahyu diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (14/6).

[NEXT-RASUL]

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Jufri Rahman, menjelaskan para tenaga ekspert sudah punya pengalaman jauh dari Indonesia. Sehingga sayang jika tawaran itu tidak dimanfaatkan maksimal.

“Para ekspert tersebut harus kita manfaatkan. Sia-sia kalau kita tidak ambil ilmu mereka,” ungkap Jufri.

Saat ini, Jufri mengaku sudah mengirim aplikasi ke seluruh OPD yang ada di lingkup Pemprov Sulsel. (***)


div>