SENIN , 21 MEI 2018

Pemprov Butuh 2.700 CPNS

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Senin , 14 Mei 2018 09:49
Pemprov Butuh 2.700 CPNS

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara usai mengikuti upacara (Dok.JawaPos.com)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), hari ini, Senin (14/5), menerima usulan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS dari seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakshirie Radjamilo, mengatakan, pihaknya telah diundang untuk memaparkan kebutuhan pegawai daerah yang disandingkan dengan pemaparan penghasilan daerah.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tetap kekeuh dengan jumlah kebutuhan pegawai yang dipegang selama ini, yakni sebesar 2.700 kuota,” kata Ashari, Minggu (13/5).

Secara keseluruhan, kata Ashari, apabila dipresentasikan, maka ada kurang lebih 32 persen belanja pegawai di Pemprov Sulsel. Sementara aturannya, tidak boleh lebih dari 50 persen.

“Paling rendah kita di sini dari Luwu Timur. Jadi di sana masih memungkinkan untuk merekrut CPNS lebih,” ulasnya.

Selain masalah kuota dan PAD, Ashari juga akan memaparkan beberapa hal yang menjadi pertimbangannya mempertahankan jumlah kuota tersebut. Termasuk kondisi geografis Sulsel.

“Ada sekitar empat juta kilometer bujur sangkar persegi, terdiri dari beberapa aset daerah yang harus dijaga, dan lain-lain,” paparnya.

Meski demikian, Ashari mengaku pasrah jika penetapan jumlah kuota oleh Kemenpan-RB dibawah dari jumlah usulan pegawai. Yang jelas, kebutuhan guru dan tenaga kesehatan masih diutamakan.

“Tergantung berapa formasi yang diberikan nantinya. Dilihat dari visi misi, bagaimana belanja APBDnya di sini,” jelasnya. (*)


div>