SENIN , 17 DESEMBER 2018

Pemprov Dorong IKM Terjun ke Pasar Digital

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Jumat , 29 September 2017 13:55
Pemprov Dorong IKM Terjun ke Pasar Digital

Ilustrasi IKM. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel berupaya mendorong para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Sulsel untuk terjun ke pasar digital.

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil, Kamis (28/9), mengatakan, sebanyak 30 ribu lebih pelaku IKM di Sulsel. Beberapa diantaranya mulai terjun ke pasar digital.

“Tahun depan kami akan upayakan semua IKM andalan kita, sudah masuk ke pasar digital,” ungkapnya.

Ahmadi menyebutkan, pelaku IKM di Sulsel memang banyak yang memaksimalkan hasil bumi yang ada. Sebut saja, markisa, kopi, cokelat, rumput laut, jagung, dan sebagainya.

“Hasil bumi Sulsel memang cukup andal. Makanya kami akan mendorong pelaku IKM untuk memaksimalkan potensi daerah,” imbuhnya.

Sebelumnya, lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan nilai perdagangan dalam jaringan (e-commerce) tahun lalu mencapai USD24,6 miliar atau setara Rp319,8 triliun. Indonesia diprediksi, memegang peranan signifikan dengan penguasaan sekira 52 persen pasar e-commerce di Asia Tenggara.

Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, menjelaskan, pasar digital bisa menjangkau konsumen lebih luas. Selain itu, pemasaran produk secara digital bisa memangkas biaya.


div>