SENIN , 18 DESEMBER 2017

Pemprov Genjot Ekspor

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 20 Oktober 2017 14:00
Pemprov Genjot Ekspor

PRODUK LADA. Tim peneliti melakukan kunjungan ke Luwu Timur memantau pertanian lada, belum lama ini. Pemprov Sulsel menjadikan lada sebagai salah satu komoditas ekspor unggukan. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel serius untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah. Seperti lada, melalui Dinas Perdagangan Sulsel direncanakan akan melakukan ekspor ke berbagai mancanegara.

Kepala Bidang Luar Negeri Dinas Perdagangan Sulsel, Dewa Nyoman Mahendra, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (19/10), mengatakan, ekspor ini untuk menindaklanjuti program Kementerian Pertanian (Kementan) mengenai swasembada pangan.

Dalam waktu dekat ini pihaknya akan dilakukan ekspor produk terbaru hasil dari karya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ya, nanti pada 24 Oktober 2017 mendatang, kami akan mengekspor produk lada dan produk konsentrat markisa dan sirsak,” ujarnya.

Ekspor produk tersebut akan ditujukan ke berbagai mancanegara. Sebut saja, Vietnam, Jerman, dan Singapura yang berencana mengekspor produk lada. Sementara, produk konsentrat markisa dan sirsak diekspor ke Singapura dan Malaysia.

“Masing-masing negara akan diekspor sebesar 18 ton atau setara 1 kontainer,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Semusim dan Rempah Dinas Perkebunan Sulsel, Basrul Gandong, mengaku, komoditi lada saat ini sedang dilirik pemerintah.


div>