SABTU , 18 NOVEMBER 2017

Pemprov Harap Toleransi Menkeu

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 21 Desember 2016 09:46
Pemprov Harap Toleransi Menkeu

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Arwin Azis menyurati Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Muliani terkait kondisi Dana Alokasi Khusus (DAK) Sulsel yang sudah jatuh tempo. Surat sudah dilayangkan sejak dua hari lalu.

Diketahui, konsisi DAK Sulsel saat ini dinilai kurang berjalan dengan baik karena laporan setiap tahapan untuk pencairan DAK sangat lambat. Pada triwulan keempat ini, pencairan DAK baru sampai pada proses tahap ketiga padahal seharusnya sudah pada tahap keempat. Olehnya itu, DAK terancam tidak cair sebanyak 20 persen.

Arwin mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat yang dimasukkan ke Menkeu terkait penyampaian kondisi yang tidak memungkinkan untuk pencairan DAK tahap ketiga dan empat.

“Surat dari pak gubernur sudah kita layangkan ke Menkeu, kemudian ada langkah-langkah tertentu untuk bisa dapatkan sedikit keringanan. Kita berharap toleransi batas akhir pencairan DAK yang sampai 15 Desember bisa diundur sampai 23 Desember,” katanya diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/12).

Menurutnya, setelah cair pada 23 Desember, maka dapat dimasukkan lagi pencarian DAK tahap empat agar DAK secara keseluruhan bisa cair.

“Rata-rata proyek jalan sudah seratus persen, jadi itulah resikonya. Pemprov akan menanggulangi itu, tapi kita minta pusat yang tanggung. Itu karena pelaksana DAK tidak mematuhi tahapan yang ada sehingga menumpuk di akhir tahun,” tuturnya.

Dia menjelaskan, total DAK Sulsel 2016 sebesar Rp400 miliar, dengan rincian pada sebesar Rp27 miliar pada APBD Perubahan dan Rp373 miliar pada APBD pokok. Sementara, tahapan pencairan dilakukan dengan empat tahap. Masing-masing 30 persen tahap pertama, 25 persen tahap kedua, 25 persen tahap ketiga, 20 persen tahap keempat.

[NEXT-RASUL]

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, Abdul Latif mengatakan, pencairan tahap ketiga baru dimasukkan laporannya. Sementara, pencairan tahap keempat sudah jatuh tempo.

“Kemungkinan kita tutupi, tapi kita masih berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Karena pelaksana dan pengelola DAK sudah merealisasikan seratus persen proyek DAK,” tutup Abd Latif. (***)

 


div>