JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Pemprov Kurang Setuju UPT Dihapuskan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 30 September 2017 10:45
Pemprov Kurang Setuju UPT Dihapuskan

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Jufri Rahman. ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT), akan dihapuskan. Kabar itu beredar dilingkup Aparatur Sipil Negara (ASN), bahwa tugas UPT yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah hingga ke tingkat kecamatan akan dihapuskan.

Berdasarkan kebijakan pusat, pada tahap awal disebut ada dua UPT dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus menerapkannyaa, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Tentunya, rencana itu mendapat tanggapan beragam. Khususnya di sejumlah instansi yang selama ini didukung UPT.

Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman mengatakan, rencana tersebut masih dalam tahap pembicaraan. Menurutnya, yang menjadi acuan dari penghapusan UPT dinas atau badan adalah tugas pokok dan fungsi yang ada di UPT tidak boleh dikerjakan oleh bidang yang ada di OPD, seperti Bappeda.

“Jadi kalau nomenklatur UPT tupoksinya dikerjakan oleh salah satu bidang, maka dia tidak ada alias dihapus,” kata Jufri, belum lama ini.

Jalan keluar dari persoalan itu, lanjut Jufri sangat sederhana, yakni dengan mengganti nomenklatur atau tugas pokok dan fungsi UPT. Menurutnya, Jika nomenklator diganti, maka tupoksi tetap ada, begitu pula sebaliknya.

Secara tersirat, dia tidak setuju dengan penghapusan UPT. Alasannya, jika dihilangkan, akan mempengaruhi kinerja Bappeda.


div>