SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Pemprov Sulsel Masuk 10 Provinsi Terbaik Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Kamis , 20 September 2018 17:45
Pemprov Sulsel Masuk 10 Provinsi Terbaik Penyelenggara Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

Sejumlah anggota DPRD Bulukumba saat melakukan peninjauan pembangunan saluran irigasi di Dusun Basokeng, Desa Dwitiro, Kecamatan Bontotiro. Foto: Salahuddin/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu provinsi terbaik dari 10 Provinsi terbaik penyelenggara operasi dan pemeliharaan Irigasi Tahun 2017 tingkat nasional. Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Kementerian PUPR .

Piagam penghargaan lomba tersebut diserahkan oleh Plt. Dirjen Bina Pembangunan Daerah Diah Indrajati pada acara Pembukaan Konsultasi Regional Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Wilayah Barat di Padang Sumatera Barat, Rabu (18/09) malam.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang, A. Darmawan Bintang yang mewakili Pemprov Sulsel menerima piagam penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Yang menaruh perhatian besar terhadap operasi dan pemeliharaan irigasi sehingga dapat berfungsi optimal sepanjang tahun.

Indikator penilaian meliputi ketersediaan aturan yang dibuat oleh Pemda, kelembagaan, penyediaan anggaran, kecukupan SDM, indeks pertanaman dan kondisi jaringan irigasi pada kewenangan provinsi.

“Kita akan terus tingkatkan keandalan infrastruktur irigasi di Sulsel serta memperluas jangkauan pelayanan agar kesejahteraan petani dapat terus meningkat dan kontribusi sulsel dalam penyediaan pangan nasional dapat dipertahankan dan ditingkatkan” kata Darmawan.

Provinsi yg mendapatkan penghargaan selain Sulawesi Selatan diantaranya adalah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah DI Jogya, Lampung, Bali, Sulteng, Gorontalo dan Sumbar. Sedangkan Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten yg meraih penghargaan tersebut dari Sulawesi Selatan.


div>