SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Pemprov Sulsel Rampungkan 144,5 Km Lahan KA Trans Sulawesi

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Muh Sophian AS

Senin , 13 November 2017 22:10
Pemprov Sulsel Rampungkan 144,5 Km Lahan KA Trans Sulawesi

Jalur Rel Kereta Api Trans Sulawesi. FOTO: ASEP/RAKYATSULSEL

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel, dalam hal ini Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKP2) Sulsel, telah menyelesaikan total Penetapan Lokasi (Penlok) lahan Kereta Api (KA) Trans Sulawesi sepanjang 144,5 kilometer.

Hal itu, diakui Kepala Dinas PKP2, Andi Bakti Haruni, Senin (13/11) menurutnya dari total lahan yang telah Penlok terbagi dalam beberapa tahap, sesuai perencanaan awal. “Untuk tahap pertama Di kabupaten Barru sepanjang 30 km sudah selesai. Hal yang sama pada tahap ke dua penghubung antara Barru – Parepare sepanjang 51,5 km juga telah diselesaikan. Sama juga tahap III, Pangkep – Maros sepanjang 63 Km sudah selesai dengan rincian pangkep 40.5 dan maros 22.5,” ujar Bakti.

Sementara untuk Barru Ke Arah pelabuhan garongkong sepanjang 4.9 Km juga telah diselesaikan penetapan lokasinya.

Pemprov harus mempercepat pembebasan lahan Kereta Api Trans Sulawesi agar pengerjaan tahap pertama bisa digenjot. Diakui Andi Bakti bahwa penetapan lokasi (PenLok) pembebasan lahan masih ada sepanjang 1 km yang belum mendapatkan Penlok. “Estimasi yang belum di PenLok-an itu satu kilo meter sebelum Pate’ne ke arah Makassar yang totalnya sepanjang kurang lebih 12,5 km,” kata Andi Bakti.

Untuk tahap selanjutnya, kata Bakti sudah menjadi kewenangan BPN. “Tim inilah yang akan bekerja, jadi satgas A dan B tugasnya mengidentifikasi, verifikasi dan menghitung lahan tersebut, untuk kemudian akan dikeluarkan daftar nominatif,” jelasnya.

“Yang jelas SK penetapan ini sudah ada yang difasilitasi tahap III. Inilah yang menjadi dasar pelaksanaan oleh BPN dilapangan,” sambungnya. (*)


div>