JUMAT , 20 JULI 2018

Pemudik Diperiksa Kesehatan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 13 Juni 2017 16:21
Pemudik Diperiksa Kesehatan

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka menghadapi hari raya Idulfitri 1438 Hijriah, masyarakat khususnya di Sulsel akan melakukan mudik guna merayakan hari kebesaran muslim tersebut.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sopir yang hendak pulang kampung.

“Sama dengan tahun sebelumnya, istilah posko ini adalah kita menyatu dengan pihak kepolisian, jasarahara, LLAJ, dan lain sebagainya, itu ada satu tim. Dimana di setiap etape-etape itu dibentuk pos, jadi selain memeriksa kelayakan kendaraan, kalau kelayakan sopir itu bagian dari kami,” kata Rahmat Latif, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Selasa (13/6).

Dia menambahkan, pemeriksaan itu bertujuan untuk mengetahui apakah supir tekanan darahnya bagus, tidak terindikasi menggunakan obat-obatan, alkohol dan lain sebagainya.

Hal itu bertujuan untuk, kata Rahmat, safety atau amannya perjalanan bagi pemudik. Apalagi, kepadatan lalu lintas tahun ini diprediksi meningkat dari tahub sebelumnya.

“Ini tentunya kepada safetynya selama perjalanan, apalagi kepadatan lalu lintas sangatlah tinggi, sehingga betul-betul kepada safety itu menjadi kepentingan kita bersama,” tuturnya.

Menurutnya, protapnya sama dengan hari-hari sebelumnya, setiap kabuaten/kota wajib ada minimal satu pos, dan setiap puskesmas dalam perjalanan itu harus siap menamppung.

[NEXT-RASUL]

“Karena puskesmas biar bukan melayani atau memeriksa saja tapi harus bisa kegawatdaruratan,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, jumlah tenaga bukan dari provinsi yang ada dikirim disana, ini otonomi daerah. Masing-masing dokter serta puskemas akan melayani didaerahnya.

“Kami sudah rapat, dengan Polda Sulsel kabupaten/kota, dan itu sudah SOP,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menuturkan, keamanan saat bermudik menjadi tugas serta kewenangan oleh pemerintah. Oleh karena itu, Pemrov Sulsel menghadirkan pemeriksaan kesehatan itu.

“Koordinasi Pemprov Sulsel, kepolisian dan lain sebagainya harus hadir saat hadirnya masyarakat untuk mudik yang akan melaksanakan Idul Fitri di kampung halaman,” tuturnya. (***)


div>