MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Penanaman Nilai Pendidikan Islam Antar Hasbi Siddik Raih Gelar Doktor

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Minggu , 26 Agustus 2018 13:32
Penanaman Nilai Pendidikan Islam Antar Hasbi Siddik Raih Gelar Doktor

int

DOSEN Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong, Papua Barat Hasbi Siddik akan memperjuangkan disertasi dengan judul ‘ Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Karaekter pada Madrasah Aliyah Al Ikhas Ujung Kabupaten Bone’.

Dijelaskan, konsep pendidikan Islam secara normatif sarat dengan nilai-nilai transendental Ilahiyah dan Insaniah. Semua itu dapat diwadahi dalam bingkai besar yang disebut humanisme teosentris. Sebuah konsep atau teori pendidikan tidak memiliki dampak sosial yang signifikan tanpa diorientasikan pada aksi (action).

Manusia sepanjang hidupnya sebagian besar akan menerima pengaruh dari tiga lingkungan pendidikan yang utama tersebut, keluarga, sekolah, dan masyarakat dan ketiganya biasa disebut dengan tripusat pendidikan.

Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam mempunyai tiga tujuan nilai yaitu, pertama, menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan tertentu dalam masyarakat di masa datang, kedua, mentransfer pengetahuan sesuai peranan yang diharapkan, ketiga, mentrasfer nilai-nilai dalam rangka pembentukan karakter guna memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat.

Pengurus NU Kota Sorong ini mengakui, tema yang diangkatnya barangkali sudah lasim, akan tetapi memudarnya implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karakter atau prilaku manusia moderen maka tema ini menjadi sangat urgen dan imperatif untuk diangkat dan dibicarakan.

Hampir seluruh lembaga pendidikan di negeri ini baik lembaga-lembaga pendidikan yang bersimbolkan Islam ataupun yang umum, baik yang dikelolah oleh individu, kelompok masyarakat ataupun pemerintah adalah mengajarkan materi nilai-nilai pendidikan Islam.

Bahkan setiap tahunnya lembaga-lembaga pendidikan tersebut menghasilkan puluhan ribu atau ratusan ribu lulusan atau alumni yang tersebar dimana-mana dan bekerja di berbagai bidang kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Namun begitu, berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan baik secara kuantitas dan kualitas dengan out put alumni yang begitu banyak belum bisa menjamin terimplementasinya nilai-nilai pendidikan Islam yang telah diajarkannya itu kepada para peserta didik untuk dijadikanya sebagai karakter atau wataknya dalam setiap interaksinya dalam kehidupannya ditengah-tengah masyarakat.

“Hal ini terlihat dengan tingginya dekadensi moral yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, seperti korupsi, pencurian, perampokan, pembunuhan, penelantaran anak, terorisme, caci maki, fitnah, tidak ada kepedulian, permusuhan, tidak menghargai perbedaan, melalaikan hukum atau aturan agama dan negara, tidak mandiri, kemalasan, tidak demokratis, dan kekikiran,” ungkap Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Sorong ini.

Salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas, dikenal dan berstandar Internasioanl yang telah melaksanakan proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam kepada para peserta didiknya adalah Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Lembaga pendidikan ini menerapkan system boarding School.

Dalam pandangannya, sistem ini lebih efektif memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai pendidikan Islam secara komprehensif, meliputi keseimbangan aspek kognitif, keterampilan, dan psikomotorik di satu pihak, dan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual dipihak lain.

Diharapkan nantinya ada perubahan secara mendalam tentang penanaman nilai-nilai Islam dalam pengembangan diri peserta didik pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone dalam membentuk jiwa peserta didik, membina mental intelektual dan melatih fisik agar bertindak jujur, bertanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial, toleran, disiplin, mandiri, demokratis, dan gemar membaca sebagai wujud pendidikan karakter.(*)

Biodata

1. N A M A : HASBI SIDDIK
2. TEMPAT/TGL. LAHIR : TELLE, BONE / 28-02-1974
3. PANGKAT/GOL : PEMBINA/IVa
4. JABATAN : LEKTOR KEPALA
5. A L A M A T : JALAN PERIKANAN NO. 4 KOTA SORONG PAPUA BARAT

6. KELUARGA
ISTRI : YUSRAH YAFID
ANAK : 1. AHMAD ILYAB HASBI
2. AHMAD HASKIL HASBI
3. ANISA SHAFIYAH HASBI

7. RIWAYAT PENDIDIKAN
– SD DI TELLE,BONE TAHUN 1986
– MTS AS’ ADIYAH SENGKANG TAHUN 1991
– MA AS`ADIYAH SENGKAN TAHUN 1994
– SARJANA (S1) IAIN ALAUDDIN MKS TH 1999
– MAGISTER (S.2) IAIN ALAUDDIN MKSTH 2002

8. RIWAYAT PEKERJAAN
– KEPALA MI AS`ADIYAH CABANG MAROANGIN KEC. SAJOANGIN KABUPATEN WAJO TAHUN 1994
– WAKIL KEPALA SEKOLAH MTs/MA PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG KAB. BONE TAHUN 2004-2005
– WAKIL PIMPINAN PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG KAB. BONE TAHUN 2005-2006
– KEPALA MTs/MA PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG KAB. BONE TAHUN 2006-2007
– PIMPINAN PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG KAB. BONE TAHUN 2007-2008
– SEKRETARIS JURUSAN TARBIYAH DAN DAKWAH STAIN SORONG TAHUN 2008-2009
– KETUA JURUSAN TARBIYAH STAIN SORONG TAHUN 2010-2011
– KEPALA P3M STAIN SORONG TAHUN 2011 S.D 2012
– WAKIL KETUA II STAIN SORONG TAHUN 2012 -2016

9. PANGALAMAN ORGANISASI
– PENGURUS FORUM WAREK/WAKET II SE-INDONESIA 2014-2016
– PENASEHAT KERUKUNAN KELUARAGA MASYARAKAT (KKMB) BONE DI SORONG TAHUN 2013-2016
– PENASEHAT IKATAN KELUARGA SIDRAP (IKASI) TAHUN 2010-SEKARANG.
– PENGURUS KERUKUNAN KELUARGA SULAWESI SELATAN (KKSS) KOTA SORONG TAHUN 2013 – SEKARANG
5. PENGURUS NU KOTA SORONG TAHUN 2009 – SEKARANG. (*)


Tag
  • Hasbi Siddik
  •  
    div>