SABTU , 18 NOVEMBER 2017

Pencairan Gaji 13 dan 14 Tunggu Juknis

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 10 Mei 2016 20:41
Pencairan Gaji 13 dan 14 Tunggu Juknis

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejauh ini Petunjuk Teknis (Juknis) pencairan gaji ke-13 dan 14 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum dikeluarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Namun, kemungkinan kedua gaji tambahan tersebut akan diberikan secara bersamaan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Agustinus Appang, mengaku, sejauh ini belum bisa menjelaskan teknis pencairan gaji ke-13 tersebut. Sebab, hingga saat ini pihaknya belum menerima juknis dari Kemenkeu RI.

“Gaji 13 itu terkait pelaksanaan pendidikan dan gaji 14 untuk Tunjangan Hari Raya (THR). Untuk pelaksanaannya sekira Juni dan Juli, paling akhir Juni untuk gaji 13 dan gaji 14 awal Juli,” kata Agustinus, Selasa (10/5).

Agustinus menjelaskan, proses pembayarannya bisa saja dilakukan bersamaan. Sebab, libur akhir sekolah dan bulan Ramahan waktunya berdekatan mulai Juni dan Juli.

“Itulah yang agak sulit dijelaskan, karena sampai saat ini juknis belum ada, apakah bersamaan dibayar atau tidak. Kita sudah anggarkan di APBD untuk keduanya, besarnya sama dengan gaji yang diterima selama ini. Diluar tunjangan beras, tunjangan yang lain tetap akan diterima,” jelasnya.

Sayangnya, ia tidak mengetahui persis total jumlah gaji 13 yang akan dicairkan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Abdul Latif, mengatakan, ada dua kemungkinan waktu pencairan gaji ke 13, yakni pada Juni atau bersamaan dengan pembayaran THR pada Juli mendatang.

“Gaji ke-13 biasanya dibayarkan pada Bulan Juni, atau menjelang pendaftaran sekolah. Tapi kita lihat kebutuhannya, belum keluar juknisnya,” tutur Latif. (***)


div>