JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Pendaftaran Calon Sensus Ekonomi Ditutup Lebih Awal, Pelamar Mengeluh

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 22 Januari 2016 16:20

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Jadwal pendaftaran pelamar sensus ekonomi 2016 yang dibuka sejak tanggal 18 Januari hingga 22 Januari, ternyata menuai kekecewaan bagi sebagian pelamar. Beberapa pelamar mengeluhkan waktu pendaftaran yang ditutup lebih awal dari jam kantor atau jam kerja.

Muhaini, salah seorang pelamar, merasa kecewa karena jadwal pendaftaran sensus ekonomi yang ditutup pada pukul 11.00 pagi WITA di kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Jumat (22/1) hari ini. Kata dia, seharusnya pendaftaran ditutup sesuai jadwal pada pengumuman yang disampaikan melalui Website resmi yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Dalam pengumuman itu, kata Muhaini, disebutkan bahwa pendaftaran pelamar sensus penduduk di Kota Parepare dimulai pada tanggal 18 Januari hingga 22 Januari, selama jam kerja.

“Di website resmi tersebut tidak menyebutkan jam berapa ditutup, hanya disebutkan selama jam kerja atau jam kantor. Jadi kalau memacu pada informasi ini, harusnya kantor BPS menutup pendafatan pada pukul 16.00 WITA sesuai dengan jam kantor, bukan jam 11.00,” ujarnya.

Kekecewaan tidak hanya dirasakan Muhaini seorang, karena beberapa pelamar lain, seperti Nirmasyari juga mengaku kecewa dengan keputusan BPS Kota Parepare yang enggan memperpanjang waktu pengambilan formulir hingga jam kantor tutup.

“Padahal kami membaca informasi ini di website dan langsung cepat ke kantor ini supaya hari ini bisa ambil formulir dan langsung dikembalikan sesuai jadwal yang ditentukan. Tapi kami kecewa karena pas sampai sudah ditutupmi pendaftaran,” ujar Nirmasyari yang ditemui di kantor BPS sekitar pukul 13.30 WITA.

Nirmasyari juga menyayangkan bahwa kendati pihak BPS telah menetapkan batas waktu pendaftaran hingga pukul 11.00 dan pengembalian formulir hingga pukul 13.00, namun masih ada pula beberapa pelamar yang diizinkan mengembalikan formulir pendaftaran hingga pukul 14.30 Wita.

“Itu namanya tidak konsisten. Katanya sudah ditutup sampai jam 11.00 dan pengembalian sampai pukul 13.00 tapi masih adaji diterima berkas dan formulirnya sampai jam 14.30,” sesal Nirmasyari. Kalaupun katanya ada perubahan waktu, harusnya diumumkan kembali melalui website resmi yang dikeluarkan BPS sebagaimana informasi pendaftaran sebelumnya.

Dari pengamatan Rakyat Sulsel Online di lokasi pendaftaran, memang terlihat, pihak BPS masih memberi kesempatan bagi pelamar untuk mengembalikan formulir pada pukul 14.30 Wita.

Sementara itu, menjawab keluhan pelamar, Kepala Seksi Distribusi BPS Kota Parepare, Pujianto mengatakan, kalau pihaknya telah mengumumkan batas waktu pengambilan formulir hingga pukul 11.00 pagi yang diterterakan di formulir yang dibagikan ke setiap kelurahan dan kecamatan.

“Banyak yang masih mau mendaftar namun formulir hanya dikeluarkan hingga jam 11,” kata Pujianto.

Menurutnya, pihaknya sudah mengumumkan jadwal tersebut sejak Senin yang tertera dalam formulir, “Kenapa bukan Senin atau Selasa datang mendaftar, malah justru kebanyakan datang hari ini,” tandasnya.


div>