JUMAT , 20 JULI 2018

Pendaftaran PPDB SD-SMP Jalur Non Zonasi Dibuka

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 02 Juli 2018 09:00
Pendaftaran PPDB SD-SMP Jalur Non Zonasi Dibuka

Ilustrasi

*Jalur Prestasi Lebih Selektif

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat resmi dibuka mulai hari ini, 2 Juli hingga 4 Juli mendatang.

Jalur yang dibuka adalah jalur non zonasi dengan kuota hanya 10 persen untuk SD – SMP. Diantaranya, 5 persen untuk jalur pindahan atau luar daerah, dan 5 persen untuk jalur berprestasi. Sementara, untuk jalur zonasi dengan kuota 90 persen dibuka pada 8 sampai 10 Juli mendatang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasbi mengatakan, pendaftaran PPDB melalui jalur non zonasi tidak jauh beda dengan jalur zonasi. Hanya saja, khusus di jalur prestasi itu lebih selektif, pasalnya jalur ini hanya diperuntukkan kepada calon peserta didik yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik.

“Sistemnya mendaftar online, kemudian calon peserta didik harus memverifikasi di sekolah yang dipilih. Tapi karena ini jalur prestasi, maka dia mendaftar lalu di verifikasi bukti prestasinya di Dinas Pendidikan, bukan di sekolah, jadi lebih selektif,” jelas Hasbi, Minggu (1/7) kemarin.

Hasbi menjelaskan, Ada beberapa jenis prestasi yang masuk dalam penilaian yang tetrtuang dalam petunjuk teknis (juknis), Misalnya untuk prestasi akademik, calon peserta didik akan mendapatkan reward bebas tes jika meraih juara I sampai VI untuk olimpiade sains nasional (OSN), atau memperoleh juara I sampai III pada olimpiade sains nasional (OSN) tingkat provinsi.

“Semua ada poinnya, kalau tingkat kota poinnya sama dengan yang akademik. 70 poin untuk juara I, 60 poin juara II dan 50 poin juara III,” ucap Hasbi

Untuk prestasi non akademik tidak berjenjang untuk juara I tingkat internasional hanya mendapatkan 30 poin, 25 poin untuk juara II, dan 20 untuk juara III. Prestasi di tingkat nasional, 20 poin untuk juara I, 15 untuk juara II, dan 10 untuk juara III.

Prestasi ditingkat provinsi, 10 poin untuk juara I, 9 poin juara II, dan 8 poin untuk juara III. Ditingkat kabupaten/kota, 7 poin juara I, 6 poin juara II, dan 5 poin untuk juara III.

Setelah dinyatakan lulus tahap pertama yang diumumkan 5 Juli nanti, calon peserta didik harus kembali melakukan pendaftaran ulang yang dibuka mulai 5 Juli hingga 7 Juli 2018. Ada beberapa administrasi yang harus dilengkapi, diantaranya surat ketetangan luar daerah untuk jalur pindahan di tingkat SD, akta kelahiran (surat keterangan lahir), sertifikat TK, dan print out pendaftaran.

Kelengkapam administrasi tingkat SMP, untuk jalur pindahan atau luar daerah harus menyertakan keterangan luar daerah, SKHU, raport, print out pendaftaran. Sementara, untuk jalur prestasi, keterangan prestasi (asli), SKHU, raport, dan print out pendaftaran.

Selain melakukan pendaftaran secara online, calon peserta didik juga bisa mendaftar melalui jalur luar jaringan (luring). Caranya, calon peserta didik datang ke sekolah yang diinginkan untuk mengambil formulir pendaftaran langsung kepada panitia dan membawa berkas sesuai dengan persyaratan yang ditentukan untuk diperiksa kebenarannya. (*)


div>