SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Pendekar Tambah Empat Medali

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 19 September 2012 10:49
Pendekar Tambah Empat Medali

Pendekar Sulsel, Johan saat menggunting lawannya, Aris Haryadi (Jawa Tengah) di pertandingan kelas B +50 - 55 kilogram di yang dihelat di Gelanggang Olahraga Sport Center Bangkinang, Riau, Selasa (18/9) kemarin.

Pendekar Sulsel, Johan saat menggunting lawannya, Aris Haryadi (Jawa Tengah) di pertandingan kelas B +50 – 55 kilogram di yang dihelat di Gelanggang Olahraga Sport Center Bangkinang, Riau, Selasa (18/9) kemarin.

RAKYAT SULSEL . Pekanbaru — Tim Pencak Silat Sulawesi Selatan sukses meraih satu medali emas, satu perak dan dua perunggu di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 yang dihelat di Gelanggang Olahraga Sport Center Bangkinang, Riau.

Emas diraih Johan, setelah menang mutlak di kelas B +50 – 55 kilogram, melawan Aris Haryadi dari Jawa Tengah, Selasa (18/9) kemarin. Johan menang setelah memberi pukulan lalu membanting badan Aris dengan guntingannya. Pendekar ini patah tulang lengan hingga ditandu keluar arena. “Saya sudah yakin sejak awal bisa menang, ” kata Johan, sebelum bertanding.

Sedangkan Hamuddin yang hanya mengalungkan medali perak dari kelas C +55 – 60 kilogram, keok saat berhadapan dengan pendekar tuan rumah, Riau, Dicky Amanda. Namun, medali itu tidak gampang diraih, karena pergelangan tangan pria kelahiran 1988 ini cedera dan mendapat perawatan intensif dari tim medis cabang olahraga ini.

“Tangan kananku patah, makanya saya tidak bisa maksimal di babak akhir, meski sempat menang” ungkapnya.

Peraih perunggu Sultan di kelas I +85 – 90 dan Awaluddin di kelas 45 – 50 kilogram, memperoleh medali itu akibat aksi protes tim Jawa Timur saat penentuan pemenang ke babak final di kelas ini.

Awalnya, pendekar Sulsel ini dinyatakan melaju ke babak final, setelah menang seri dari pendekar Jatim. Belakangan kontingen Jatim protes dan menggugat dewan Hakim dan PB PON hingga pendekar Sulsel gagal ke final. Tapi Sulsel mengajukan banding dengan gugatan itu. Sayang gugatan Jatim diterima dan menyatakan Awaluddin pemenang ketiga tanpa bertanding lagi.

Namun, dari tujuh pendekar yang diturunkan, hanya empat pendekar yang sukses keluar dari arena dengan kalungan medali. Tiga pendekar yang gagal, yakni, Andi Irsan Anwar, Hariyani, dan Muhammad Arfan.

Pelatih Pencak Silat Sulsel, Muhammad Arham, mengaku, jika kurang produktifnya mendapat medali karena para pendekarnya dirundung masalah non teknis. Diantaranya kinerja wasit dan cedera. “Johan memang ditargetkan emas. Sedangkan Hamuddin mengalami masalah pada lengannya saat pertandingan, ” pungkanya. (AKu/RS3)


Tag
div>