RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Penderita Kusta Tagih Dana Hibah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 26 April 2017 10:18
Penderita Kusta Tagih Dana Hibah

Sejumlah warga Kompleks Kusta dari Kelurahan Jongaya, berunjuk rasa menuntut dana santunan sosial yang sudah empat bulan tidak diberikan di depan Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (25/4). foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Warga penderita dan mantan penderita kusta dari Jl Dangko, Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate menyambangi Badan Kesatuan Bangsa dan Polirik (Kesbangpol) di Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumohardjo, Selasa (25/4).

Kedatangan mereka untuk menagih janji serta menuntut pencairan santunan atau dana hibah penderita kusta. Para penderita kusta ini, sudah empat bulan tidak diberikan santunan oleh pemprov.

“Anggaran santunan sosial yang tiap bulan mestinya diterima, belum juga cair sejak awal tahun, dan itu sudah berjalan empat bulan kami tidak terima. Entah apa kendalanya,” kata Koordinator Perhimpunan Mandiri Kusta (Permata) Sulsel, Al Qadri diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (26/4).

Dia menambahkan, penderita dan mantan penderita kusta tersebut mendapatkan santunan Rp50 ribu per orang tiap bulan. “Sejak tahun ini, sudah meningkat menjadi Rp125 ribu per orang tiap bulan. Ada 400 orang penerima di kawasan Jl Dangko,” bebernya.

Kepala Seksi (Kasi) Dukungan Teknis Bidang Anggaran BPKD Sulsel, Ponimin menjelaskan, keterlambatan pencairan ini karena proses administrasi. Menurutnya, santunan ke penderita dan mantan penderita kusta tak lagi di Dinas Sosial.

“Data penerima baru diserahkan ke BPKD pada Februari lalu. Sehingga proses verifikasinya memakan waktu. Ini masuk dana hibah jadi kami harus juga hati-hati,” bebernya.

Apalagi, masih ada 21 penerima belum memiliki rekening. “Tetapi kami upayakan tuntas dalam dua atau tiga hari ini. Segera akan dibuatkan surat perintah membayar (SPM). Bahkan kendaraan operasional Bank Sulselbar akan kita upayakan mendatangi lokasi penerima,” tutupnya. (***)


div>