MINGGU , 16 DESEMBER 2018

Penerbitan Sertifikat Karantina Cukup Bayar Rp20 ribu

Reporter:

dedi

Editor:

Kamis , 08 Desember 2016 19:30
Penerbitan Sertifikat Karantina Cukup Bayar Rp20 ribu

Ilustrasi

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Sebelum tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Rupayanya praktik tersebut sudah menjadi budaya, baik di Pelabuhan Nusantara maupun Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare.

Salah seorang buruh pelabuhan, SR (35), menjelaskan, praktik tersebut merupakan hal lazim yang terjadi di pelabuhan. Menurutnya, pengiriman hasil bumi yang mau dikirim ke Pulau Kalimantan, biasanya bersumber dari Sidrap, Pinrang dan Enrekang, harus melalui Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare.

SR mengungkapkan, untuk satu penerbitan sertifikasi karantina, cukup membayar Rp20 ribu hingga Rp40 ribu. Sehingga tidak dilakukan pemeriksaan dan menunggu beberapa menit sertifikat pun langsung jadi.

“Jadi memang sudah lama sekali, kalau supir tidak perlu diperiksa dan langsung saja bayar pada petugas Stasiun Karantina. Setelah itu, sertifikat terbit tanpa melalui uji laboratorium dengan tarif Rp20 ribu,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kombes Pol Dicky Sondani, mengungkapkan, pihaknya telah menyerahkan kasus dugaan Pungli di Stasiun Karantina Kelas I Kota Parepare tersebut, pada Penyidik Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Parepare.

“Kami sudah serahkan kasusnya ke Polres Parepare, dan sudah ada tersangka yang ditetapkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare, Sri Utami, berdalih, jika kedatangan tim dari Polda tersebut, hanya untuk melihat, dan mengecek praktik maupun pelayanan karantina, yang ada di pelabuhan.

“Alhamdulillah kami sudah terapkan semua prosedur sehingga tim tidak menemukan satupun bukti kalau kita melakukan pungli,” katanya.


div>