SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Penetapan Tersangka Ome di Palopo Dinilai Menyalahi Aturan

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 02 April 2018 18:00
Penetapan Tersangka Ome di Palopo Dinilai Menyalahi Aturan

Group WhatssApp Bicara Demokrasi menggegelar dialog yang mengangkat tema "Menakar Fenomena Head To Head" pada Pemillihan Walikota (Pilwalkot) Palopo di Warkop Dottoro Boulevard, Senin (2/04/18). Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Group WhatssApp Bicara Demokrasi menggegelar dialog yang mengangkat tema “Menakar Fenomena Head To Head” pada Pemillihan Walikota (Pilwalkot) Palopo di Warkop Dottoro Boulevard, Senin (2/04/18).

Dialog pilkada ini menghadirkan pembicara DR. Hasrul,SH.MH (pakar hukum), DR. Abdi (pakar kebijakan publik) dan Dr. Arif Wicaksono (pakar politik).

Dalam dialog yang tersebut, Hasrul menyebutkan bahwa Panwaslu Kota palopo menyalahgunakan wewenang di Palopo. Ia menilai, penetapan tersangka Ahmad Syarifuddin Daud alias Ome itu keliru besar karena tak sesuai presudur hukum.

“Panwas menyalahgunakan kewenanganya, harusnya yang bisa tetapkan adalah penyidik. Dalam pilkada ada gakumdu harusnya penyidik gakumdu yang menetapkan Ome sebagai tersangka bukan Panwaslu Palopo, ini menyalahgunakan aturan,” tuturnya.

Sementara itu, Pakar Politik Unibos Makassar, Dr. Arif Wicaksono menambahkan bahwa Ome seharusnya bisa melakukan perlawanan hukum ketika ini terjadi.

Menurutnya, karna ada upaya menjegal calon melalui persoalan hukum. Seharusnya KPU Palopo memberikan sosialisasi terkait masalah hukum.

“Ada banyak potesnsi kecurangan hukum di pilkada. Begitu banyak celah bisa masuk ke persoalan hukum, dari penetapan tersangka Ome bisa saja diuntungkan dan masyarakat akan simpati,” ujarnya.

Sementara itu, Pakar Kebijakan Publik, Dr. Abdi mengatakan, terkait undang-undang kepemiluan seharusnya bisa profesional dan paham tentang apa yang menjadi tupoksinya masing-masing.

“Ome tersangka, saya lihat tidak melalui prosedur. Ini menyalahgunakan wewenang,” singkatnya.(*)

 


div>