JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Pengadaan 14 Armada Tangkasaki Molor

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 21 Juni 2018 13:30
Pengadaan 14 Armada Tangkasaki Molor

Truk Angkutan Sampah Kita (Tangkasaki). (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Bagian Perlengkapan telah memasukkan dokumen 14 dump truk untuk 14 Kecamatan di LPSE untuk dilelang. Pemkot menganggarkan sekira Rp 5,8 miliar yang bersumber dari APBD Pokok.

Meski telah masuk dalam proses lelang di LPSE, pengadaan 14 dump truk ini sempat molor selama tiga bulan terhitung target realisasi di bulan Maret. Alasan penundaan ini lantaran dump truk tak ada di e-katalog.

Kepala Bagian Perlengkapan Setda Kota Makassar, Haidil Adha mengatakan bahwa pengadaan 14 dump truk ini untuk mendukung pemerintah kecamatan dalam penanganan sampah dan sedimen drainase.

“Sebenarnya ada dua pengadaan, dump truk dan tangkasaki. Tapi untuk dump truk ini kita tender karena tidak ada di e-katalog,” singkat Haidil, Rabu (20/6) kemarin.

Ia mengatakan, bahwa salah satu alasan pengadaan truk pengangkut sampah ini lantaran dump truk yang diserahkan oleh Dinas Kebersihan sudah tidak memungkinkan untuk difungsikan karena sudah banyak yang rusak. Sehingga, kata dia hampir semua kecamatan mengusulkan untuk pengadaan dump truk.

“Sebenarnya ada yang butuh dua sampai tiga unit, karena anggaran kita terbatas, jadi untuk tahun ini kita belikan satu unit satu kecamatan,” ujarnya.

Ia mencatat, sejauh ini jumlah dump truk yang dimiliki pemerintah kota baru sekitar 10 unit.

Sehingga, jika ini terealisasi maka total dump truk yang dimiliki pemerintah mencapai 24 unit.

Selain pengadaan dump truk, tahun ini pemerintah juga akan menambah 80 unit motor sampah roda tiga dengan anggaran mencapai Rp35 juta per unit. Tahun lalu, pemerintah telah memiliki 300 unit motor sampah yang tersebar di seluruh kecamatan. (*)


div>