RABU , 21 NOVEMBER 2018

Pengamat Sebut IYL-Cakka Selalu Mengundang Simpati Rakyat

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 20 Maret 2018 18:45
Pengamat Sebut IYL-Cakka Selalu Mengundang Simpati Rakyat

Pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) saat kampanye di Kabupaten Gowa.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) merupakan salah satu kandidat yang punya pembeda di masa kampanye saat ini.

Pergerakan duet yang sama-sama pernah menjabat bupati dua periode ini paling terukur dan terstruktur. Hal ini lantaran keduanya kompak membagi tugas. Seperti berpencar menyasar daerah yang berbeda dalam waktu yang sama.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Muhammad Ridha menilai, IYL-Cakka tidak hanya terukur pada kerjasama kampanye yang baik. Akan tetapi juga memiliki geopolitik yang terbilang menarik.

Gaya berpolitik keduanya dinilai Ridha memang berbeda dengan kandidat lainnya. Dalam berkampanye gaya keduanya selalu mengundang simpati masyarakat untuk memberikan dukungan.

Dalam mensosialisasikan program unggulannya, keduanya juga sangat kompak. Tanpa ada pencitraan apalagi sekedar menjanji.

“Dengan penjelasan begini, IYL-Cakka kandidat yang punya postur geopolitik yang paling menarik,” kata Ridha, Selasa (20/3/2018).

Meski demikian, dia menjelaslkan bahwa, perjalanan Pilgub Sulsel masih panjang.
Tidak mudah menetapkan indikator-indikator pengaruh. Apakah pembagian secara geopolitik menguntungkan atau tidak, menurutnya belum bisa diukur secara langsung ada atau tidak dampaknya.

Meski demikian, dia mengakui, pola pergerakan dan basis massa yang berbeda antara Ichsan dan Cakka memang sangat menguntungkan. Tinggal, bagaimana strategi yang dimainkan untuk memassifkan basis massa.

“Tapi paling tidak di basis-basis wilayah masing-masing peta suara, keunggulan, kemungkinan penggalangan, pengenalan akan medan menjadi keuntungan,” tandasnya. (**)


div>