SENIN , 22 OKTOBER 2018

Pengamat Sebut Koalisi Rakyat dan Parpol Pendukung IYL-Cakka Jauh Lebih Solid

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 05 April 2018 19:00
Pengamat Sebut Koalisi Rakyat dan Parpol Pendukung IYL-Cakka Jauh Lebih Solid

Syahrir Kariem

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Meski maju lewat jalur independen, akan tetapi soliditas partai pendukung Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) cenderung melebihi kandidat yang diusung oleh koalisi partai politik.

Hal ini tercermin di beberapa kali kampanye terbatas IYL-Cakka. Baik IYL maupun Cakka selalu didampingi oleh ketua partai pendukung.

Bahkan Ketua DPW Partai Berkarya, Andi Patabai Pabokori, Ketua DPW Partai Perindo, Sanusi Ramadhan, Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah setia mendampingi Ichsan dibeberapa kegiatan.

Bukan hanya itu, Ketua DPW PPP Sulsel HM Aras serta jajaran pengurus kabupaten/kota juga tak mau ketinggalan. Begitu pun sejumlah pentolan PAN Sulsel serta kabupaten/kota terang terangan memberi dukungan.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Syahrir Kariem mengatakan, banyaknya partai pengusung bukanlah garansi akan menuai banyak pemilih dan soliditas kader partai.

“Karena mesin partai pendukung atau pengusung bisa saja tidak berjalan maksimal. Apalagi sekarang pemilih lebih memilih figur dibanding melihat partai,”kata Syahrir, Kamis (5/4/2018).

Kendati demikian, dia membenarkan, meski IYL-Cakka maju lewat independen, tapi partai pendukungnya lebih solid dibandingkan tiga rivalnya yang maju lewat jalur partai politik.

“Jadi, saya melihat meskipun IYL-Cakka maju independen dan hanya didukung segelintir partai, tapi kelihatan soliditas dan mesin partai pendukungnya sangat kuat. Saya liat soliditas ini tidak kelihatan di paslon lain,” kata dia.

Saat ditanya hal yang perlu dilakukan kandidat lain untuk mengukuti IYL-Cakka, Syahrir enggan untuk berspekulasi.

Dia mengatakan, soliditas itu muncul karena ada ikatan emosional yang kuat dengan partai pendukung dan tim pemenangan.

Tidak hanya itu saja, dia menilai bahwa trend positif IYL-Cakka selama ini membuat partai pendukung semakin solid. Apalagi IYL-Cakka selalu melibatkan semua partai dalam setiap kegiatannya.

“Trend positif elektabilitas IYL-Cakka juga semakin membuat partai pendukung semakin memaksimalkan kerja-kerja pemenangan. Jadi, untuk menjaga soliditas trsebut terus terjaga, paslon mesti aktif membangun komunikasi yang baik dengan tim, mampu meyakinkan tim dengan terus menjaga trend positif elektabilitas,” tandasnya. (**)


div>