RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Pengemis dari Daerah Serbu Makassar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 15 Juni 2017 13:22
Pengemis dari Daerah Serbu Makassar

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Mukhtar Tahir. dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Sosial Kota Makassar mengungkapkan, Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan dan Pengemis (gepeng) yang menjamur di Makassar berasal dari luar Kota Makassar. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial, Mukhtar Tahir di Balaikota, Rabu (14/6).

“Terkait dengan keberadaan anjal dan gepeng yang marak kita liat khususnya selama Ramadan di Makassar, kami pastikan mereka datang dari luar. Kehadiran mereka ini adalah dadakan atau musiman,” kata Mukhtar diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (15/6).

Mukhtar mengaku bahwa para gepeng dan anjal tersebut umumnya menyerbu tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan. “Membludak sekali karena banyak orang dari luar. Makassar adalah sumbu atau pusat sehingga diserbu orang-orang yang ingin memanfaatkan ramadan, dengan modus jadi pengemis,” lanjutnya.

Untuk itu, Dinsos bersama pihak terkait lainnya terus berusaha untuk mengantisipasi keberadaan anjal dan gepeng tersebut.

Mukhtar mengaku, pihaknya terus mengintensifkan Tim TRC Sari’battang untuk memantau titik-titik yang menjadi sasaran para gepeng dan anjal tersebut.

“Kita pasti akan selalu berupaya mengantisipasi bertambahnya jumlah gepeng dan anjal tersebut. Tim TRC kami selalu rutin melakukan patroli selama 24 jam ke sejumlah lokasi yang kerap menjadi tempat mangkal mereka,” kuncinya. (***)


div>