MINGGU , 18 FEBRUARI 2018

Pengerjaaan Proyek MRR Terkendala Cuaca

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Jumat , 02 Februari 2018 14:45
Pengerjaaan Proyek MRR Terkendala Cuaca

Middle Ring Road. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pembangunan jalan lingkar tengah atau Middle Ring Road (MRR) terus dipacu. Diharapkan, akhir Maret atau paling lambat April, sisi kiri jalan sudah bisa dirampungkan.

Hal itu diakui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah Makassar-Takalar Satker Balai Besar Pelaksana Jalan dan Jembatan (BBPJN) XIII, Malik.

Sementara, untuk jembatan Tello II yang menghubungkan jalan dari arah Perintis Kemerdekaan menyeberangi Sungai Tello ke arah Jl Leimena juga digenjot penyelesaiannya. Saat ini, progres pekerjaan sudah mencapai 59,13 persen.

“Jadi lantai jalan yang arah Perintis Kemerdekaan sudah dicor, baik sisi kiri maupun sisi kanannya, ” ungkap Malik, Kamis (1/2) kemarin.

Untuk arah ke Leimena, girder baik sisi kiri maupun kanan sudah terpasang. Abutment ke kiri juga sudah terpasang 30 meter. Selain itu, juga dilakukan pembersihan abutment sisi kanan.

Pekerjaan lain yang saat ini dilakukan, kata Malik, adalah pemasangan batu serta pembangunan saluran air atau drainase. Aktifitas tersebut dilakukan di arah Leimena.

Pekerjaan MRR memang dipacu agar bisa rampung sesuai dengan harapan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat melakukan kunjungan proyek awal Januari lalu.

“Kita kejar untuk merampungkan pekerjaan agar Maret mendatang, sisi kiri jalan sudah bisa rampung,” ungkapnya.

Namun kendala yang dihadapi sekarang adalah kondisi cuaca yang tidak menentu, bahkan kadang ekstrem membuat pekerjaan terganggu. “Walau begitu, kami tetap mengusahakan bisa rampung sesuai arahan dan keinginan Bapak Gubernur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan dan Pengujian BBPJN XIII, Ir Rahman Djamil menjelaskan, pihaknya sementara mengusahakan pekerjaan berjalan sesuai harapan. Walaupun diakui ada sejumlah kendala yang ditemukan di lapangan. Termasuk persoalan pembebasan lahan dan cuaca buruk yang kadang menghalangi pekerjaan.

“Tetap akan kita upayakan supaya bisa rampung sesuai progress. Sesuai harapan Bapak Gubernur, kami upayakan agar sisi kiri jalan secepatnya bisa diselesaikan,” tandas Rahman.

Seharusnya, MRR yang menghubungkan Jalan Perintis Kemerdekaan tahap I bisa rampung Desember 2017 lalu. Namun terpaksa proyek ini molor akibat berbagai kendala. (*)


div>