SABTU , 15 DESEMBER 2018

Pengerjaan Fisik Proyek City Airport Dimulai Tahun Depan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 17 April 2016 22:20

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengerjaan fisik mega proyek City Airport Sultan Hasanuddin akan dimulai tahun depan 2017. Untuk itu, pihak Angkasa Pura I bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel fokus melakukan pembebasan lahan tahun ini. Disebutkan, tahun ini pembebasan lahan ditargetkan seluas 60 Hektare (Ha) dengam estimasi anggaran Rp520 miliar.

Humas PT Angkasa Pura I, Hary Budi Waluyo, mengatakan, setelah 60 Ha ini selesai, maka pembebasan lahan akan dilanjutkan ke tahap ketiga seluas 12,6 Ha. Sementara, lahan yang masih bermasalah tela dilakukan tahap konsinyasi di pengadilan.

“Targetnya selesai 60 Ha untuk tahap dua dan mulai untuk pembebasan tahap tiga seluas 12,6 Ha. Tahap dua telah selesai 258 bidang, sisa sepuluh bidang yang akan dilakukan penitipan pembayaran ke pengadilan negeri Maros. Estimasi anggarannya Rp520 miliar untuk 60 Ha ini,” terang Hary, Minggu (17/4).

Untuk diketahui, seluruh anggaran yang digunakan untuk pembebasan lahan berasal dari pos anggaran kementerian perhubungan atau APBN. Pihak Pemprov hanya membantu untuk menyiapkan proses administrasi lahan yang akan dibebaskan.

Sementara, Pemprov Sulsel telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan yang diketuai langsung Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang. Tim pembebasan lahan diangap penting agar tidak menghambat ataupun menggagalkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Sulsel.

Agus sebagai ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan mengatakan agar masyarakat yang saat ini masih berada di areal pembebasan lahan bisa mengalihkan tanahnya kepada pemerintah. “Yang saat ini masih berada di lokasi seharusnya tidak menghalangi yang sementara berjalan dan yang sudah selesai,” ucap Agus. (***)


div>