MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Pengguna Radio Amatir Ngumpul di Maros

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 03 April 2016 13:49

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Cabang Maros menggelar Amateur Radio Direction Finding (ARDF) selama tiga hari, 1-3 Maret 2016 di Maros.

Peserta yang berasal dari seluruh pelosok Sulawesi ini, mengikuti lima lomba, yakni Vertikal Antena 3 X 5/8 Lamda, Amateur Radio Direction Finding, CW/Morse, Ayyebal QSO, dan Antena Mobile (Larsen).

Kegiatan ini dihadiri 276 peserta dan kurang lebih 1.000 anggota Orari yang sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan sesama pengguna radio amatir.

Ketua Panitia, Akbar Endra, Minggu (3/4), mengatakan, jika kegiatan ini merupakan awal kebangkitan Orari Maros.

“Orari yang selama ini vakum akhirnya mulai bangkit kembali, sejumlah kegiatan telah dilakukan di bawah kepengurusan Kak Imo (Sapaan Imran Yusuf / Ketua Orari Maros). Penggemar radio amatir di Maros cukup banyak dan itu kita akomodir semua,” ujar Akbar.

Sementara, Ketua Orari Maros, Imran Yusuf, mengatakan, kegiatan ini selain untuk mengasah kemampuan dalam mengikuti berbagai lomba juga menjadi ajang silaturahmi dengan para pengguna radio amatir.

“Intinya sebenarnya adalah bagaimana silaturahmi diantara para pengguna radio amatir, teman-teman dari sejumlah pelosok Sulawesi. Bahkan, ada yang dari Kalimantan, semuanya bersatu dalam kebersamaan. Memang ini adalah kegiatan perdana kita di Maros untuk kegiatan sebesar ini, namun kegiatan lain juga rutin kita lakukan,” ujar Imran yang memiliki call sign ‘YC 8 ENE’.

Pelepasan peserta Antena Mobile digelar di Lapangan Pallantikang, Maros (3/4), dihadiri unsur muspida.

Bupati Maros, Hatta Rahman, mengharapan Orari bisa terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

“Kita berharap Orari bisa bersinergi dengan pemda, seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), agar penanggulangan bencana bisa berjalan dengan baik tanpa harus terkendala dengan gangguan jaringan telepon,” kata Hatta yang memiliki call sign ‘YD 8 HRX’. (***)


Tag
  • Orari
  •  
    div>