MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Penghina Calon Bupati Sidrap Terancam 12 Tahun Penjara

Reporter:

Fahrullah - Alie

Editor:

asharabdullah

Rabu , 14 Maret 2018 12:00
Penghina Calon Bupati Sidrap Terancam 12 Tahun Penjara

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. Dicky Sondani

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Cyber Crime Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menangkap salah seorang warga Kabupaten Sidrap berinisal MUG (38).

Penangkapan terhadap MUG karena menghina atau menjelek-jelekkan salah satu kandidat bupati setempat melalui media sosial Facebook. Ujaran kebencian dilontarkan pada grup Facebook ‘Sidenreng Rappang 2018’ pada Februari lalu.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pelaku menghina calon bupati Fatmawati Rusdi melalui facebook dengan menggunakan akun facebook milik salah satu polisi yang bertugas di Provinsi Bengkulu atas nama Ghofur Mun Farid.

“Penghinaan yang dilakukan MUG menggunakan akun facebook milik orang lain kemudian disebar pada grup Facebook Sidenreng Rappang 2018,” ujar Kombes Pol Dicky Sondani saat melakukan jumpa pres di Polda Sulsel, Selasa (13/3) kemarin.

Adapaun konten unggahan di facebook, kata Dicky, pria ini menyebut calon bupati Sidrap Fatmawati Rusdi seorang koruptor. Itu yang menjadikannya sebagai buruan tim Cyber Polda Sulsel, dengan dugaan pelanggaran pasal 35 Undang-undang nomor 11 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Untuk mempertanggung jawabkan perbutannya, pelakau dijerat Undang-undang ITE dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” jelas Dicky.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita dua unit telepon seluler, akun facebook yang sebelumnya diretas pelaku.

Sementara MUG mengatakan, sengaja melakukan kebencian terhadap salah satu kandidat agar tidak masyarakat tidak memilih kandidat kuruptor. “Saya hanya menyatakan sikap untuk mendukung pasangan Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DoaMU). Kalau kata koruptor saya hanya mendengar dari teman-teman,” ungkapnya. (*)


div>