SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Pengurus Parpol Ikuti Pelatihan Penyusunan Administrasi dan LP

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 12:45

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Puluhan pengurus Partai Politik (Parpol) khsususnya Parpol yang memiliki perolehan kusri di DPRD periode ini, mengikuti pelatihan Penyusunan Administrasi dan Laporan Pertanggung Jawaban Parpol. Kegiatan tersebut berlangsung di Resort Puncak Mario selama 3 hari, sejak Rabu (6/4) kemarin. Dalam kegiatan tersebut dihadirkan beberapa pemateri dari latar belakang berbeda.

Acara dibuka Staf Ahli Bupati, Nursaman. Saat membacakan sambutan Bupati Sidrap H Rusdi Masse, Hamka menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat perlu dilakukan mengingat seringnya ada temuan BPK dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan parpol.

Nursaman juga tidak menampik bahwa pelatihan tersebut sangat penting mengingat partai politik yang mendapatkan bantuan keuangan rata-rata memiliki kemampuan yang cukup rendah dalam hal pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Dalam hal ini terkadang pertanggungjawaban yang dilaporkan belum sesuai dengan syarat administrasi,” jelas Nursaman saat membuka acara pelatihan tersebut.

Dalam konteks kehidupan berpolitik lanjut Nursaman, pelatihan tersebut juga dapat dimaknai sebagai pendidikan politik bagi masyarakat. Sehingga ada tuntutan agar lebih giat dan lebih realistis melihat perkembangan politik yang terjadi di Bumi Nene Mallomo ini.

“Termasuk harus lebih teliti dalam pertanggung jawaban baik secara moril maupun secara materil,” ujarnya.

Dalam melakukan aktivitasnya, kata Nursaman, Parpol ditantang untuk lebih waspada dalam menangkap dan menafsirkan kejadian sosial ataupun isu-isu aktual yang terjadi dengan mengapresiasikan dalam konteks laporan yang dapat dipertanggung jawabkan demi terwujudnya masyarakat yang demokratis di daerah ini.

“Selanjutnya pemerintah sendiri memiliki tugas untuk selalu melakukan koordinasi, kemitraan dan pemberdayaan kepada berbagai pihak atau kelembagaan lain untuk bersama-sama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia yang juga Kabag Adm Kemasyarakat Setda Sidrap Nasruddin Waris dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para pengurus partai dalam tertib administrasi pembuatan laporan pertanggungjawaban partai politik.

“Setelah pelatihan ini kita berharap tidak ada lagi temuan BPK terkait laporan pertanggung jawaban parpol nantinya, yang selama ini sering terjadi,” jelas Nasruddin.

Nasruddin menambahkan bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah para pengurus inti parpol yang dalam periode ini mendapatkan jatah kursi di DPRD Sidrap.

Ia juga berharap kegiatan itu akan memberi manfaat besar bagi para pengurus parpol khususnya dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban parpol yang tidak bisa dihindari.

Dalam kegiatan tersebut berlangsung dialog yang cukup antara pemateri dan peserta. Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.


div>