SABTU , 21 APRIL 2018

Pengurusan IMB Mulai Diperketat

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 27 Februari 2018 11:30
Pengurusan IMB Mulai Diperketat

kantor balaikota (ist)

* Bangunan Gedung Usaha Wajib Miliki CCTV

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar tahun 2018 mulai memperketat pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Khusus pembangunan gedung usaha, wajib dilengkapi Closed Circuit Television (CCTV).

Berdasarkan Perwali 4/2017 Tentang Penyedia dan Pemasangan CCTV pada Bangunan Gedung, jelas disebutkan bahwa bangunan gedung dengan fungsi kegiatan usaha wajib menyediakan dan memasang CCTV yang terintegrasi dengan sistem informasi perangkat pemerintah daerah.

Untuk mendapatkan IMB, pemohon diharuskan melengkapi surat rekomendasi dari Dinas Kominfo Makassar tentang pengadaan CCTV untuk gedung usaha.

Kepala Bidang Pengembangan Informasi dan Aplikasi Telematika Kominfo Makassar, Denny Hidayat menegaskan bahwa seluruh tempat usaha dan pengelola videotron wajib memasang CCTV sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika pengusaha memasang CCTV. Pasalnya, CCTV tersebut akan terintegrasi dengan warroom.

Sehingga, jika terjadi tindakan kriminal atau kejadian di tempat usaha tersebut seperti pencurian?, banjir, kebakaran, dan lainnya itu langsung di ketahui melalui warroom. Bahkan, rekaman CCTV tersebut masih bisa diakses meski dirusak oleh pelaku kriminal.

Diapun mengaku akan terus melakukan pengawasan terhadap tempat usaha yang tidak memasang CCTV. Salah satu upaya dengan tidak mengeluarkan izin usaha jika tidak memasang CCTV, begitu pula dengan pengusaha yang ingin memperpanjang izin usahanya.

“Di perwali mereka diwajibkan untuk memasang CCTV, izinnya itu tidak akan diterbitkan. Sanksi ini juga diberlakukan bagi pengusaha lama kalau ingin memperpanjang izin usahanya,” papar Denny, Senin (26/2) kemarin.

Bahkan kata Denny, jika merujuk ke perwali yang tidak memasang CCTV seperti yang dimaksud dalam aturan pemerintah akan dikenakan sanksi administratif mulai dari sanksi tertulis (teguran), pembekuan sementara izin usaha, pencabutan izin usaha sampai penutupan izin.

Diskominfo juga akan memonitoring dan mengevaluasi serta menjamin CCTV yang terpasang bisa beroperasi dengan baik.

Tahun ini, Diskominfo Kota Makassar menargetkan bisa memiliki 502 CCTV. Hingga tahun 2017, Kota Makasssar baru memiliki 134 CCTV. Diantaranya, 115 unit dari pemerintah kota dan 19 itu dari bantuan pihak swasta dan akan ditambahkan lagi 20 titik untuk tahun 2018 menjadi 154 titik dengan kemampuan self learning analytics.

Kata Denny, tahun ini pemerintah kembali mendapat bantuan dari pihak swasta sekitar 290 CCTV, yaitu diantaranya 200 CCTV siap untuk dipasang. Sementara 90 CCTV lainnya masih dalam tahap survei lapangan. Selain itu, dia juga mengaku mendapat 60 CCTV dari pihak swasta yang sifatnya CSR.

Rencananya, Pemkot Makassar juga akan melengkapi area-area publik (PKL center dan taman) dengan CCTV sebanyak 42 titik tahun ini. “Sebagian barangnya sudah ada di lantai 10 Balaikota, tinggal diintegrasikan,” ujar Denny.

Ratusan CCTV tersebut nantinya akan dipasang diseluruh objek vital di Kota Makassar, seperti sekolah, tempat ibadah, serta gedung pemerintahan.

Terpisah, Kepala Seksi Pengkajian dan Verifikasi Perizinan Teknis Dinas PM-PTSP, Aan Konery mengatakan baru akan mengeluarkan IMB jika sudah ada surat rekomendasi Diskominfo terkait kesiapan pengusahaan memasang CCTV.

“Kalau kita sudah terima surat rekomendasi dari Diskominfo soal kesiapan mereka ingin memasang CCTV baru kita keluarkan izinnya (IMB),” kata Aan.

Meski begitu, pemohon diminta untuk tidak bisa mengesampingkan persyaratan administrasi teknis lainnya. Artinya, pemohon terlebih dulu harus menyelesaikan administrasi teknis baru menyusul surat rekomendasi pengadaan CCTV dari dinas terkait.

“Kita usahakan ini yang baru mau bangun usaha, kita tidak terbitkan IMB-nya kalau tidak menyediakan CCTV. Pengusaha yang lama juga kita wajibkan, tapi kalau dia mau perpanjang izin baru tidak menyediakan CCTV kita tidak akan perpanjang,” jelas Aan. (*)

 


div>