KAMIS , 21 JUNI 2018

Pentingnya Istigfar

Reporter:

Oleh: Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A

Editor:

Nunu

Rabu , 23 Mei 2018 19:41
Pentingnya Istigfar

int

Rakyatsulsel.com – Kultum ba’da dhuhur oleh Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, M.A.di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (21/5). Hadir pimpinan UMI, dosen, karyawan dan seribuan mahasiswa (i) UMI. Tema yang dibahas “Pentingnya Istighfar Menjelang Buka Puasa dan Saat Sahur”.Dikatakan syukur atas nikmat iman, kesehatan dan kesempatan, sehingga bisa shalat jamaah dhuhur di masjid kampus 2 UMI ini. .

Disebutkan melaksanakan ibadah puasa, termasuk ibadah yang berat. Ibaratnya sama dengan membunuh keluarga sendiri. Karena itu puasa diwajibkan sebagaimana Allah berfirman dalam Q.S Al-Baqarah 183: Kutiba alaiykumus shiyaam… Hal ini setimbang dengan Kutiba alaykumul qishaash (Diwajibkan atas kamu menegakkan qishas). Amalan puasa itu berat, katanya. Oleh karena itu, Allah memberi jalan keluar, agar puasa yang dijalankan terasa ringan dan sempurna, maka:

1. Perbanyak istigfar, laa ilaaha illallah wanastagfirullah… menjelang berbuka puasa. Al Gazali membagi 3 puasa, yakni: puasa umum, yaitu tidak makan, tidak minum, dan tidak berhubungan seksual, mulai terbit fajar hingga magrib. Kemudian puasa khusus dan puasa khusus bil-khusus, yakni menjaga seluruh panca indra agar terhindar dari segala macam godaan yang dapat mengurangi pahala puasa. Karena itu, Iman harus kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan istigfar menjelang buka puasa, berarti sadar bahwa ia tidak menganggap puasanya sempurna.

Seakan berkata: Ya Allah saya puasa, tapi masih suka ghibah atau menjelekkan orang lain. Padahal ghibah, jelas akan mengurangi pahala puasa. Karena itu jika pahala puasa saya kurang, maka sempurnakanlah ya Allah.

Kemudian lanjutkan dengan doa… nas aluka ridhaaka waljannah wanauuzhubika min sakhtika wan naar.Selanjutnya istigfar setelah makan sahur. Siapkan waktu 10 s.d 15 menit waktu untuk istigfar.

Karena waktu sahur, sangat berat, umumnya manusia langsung mau tidur. Oleh karena itu perbanyak istifgar setelah makan sahur. Inilah perintah Rasulullah Saw, agar puasa dapat dilaksanakan dengan ringan dan disempurnakan pahalanya oleh Allah Swt.


Tag
div>