SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Penyuluh KB Diharapkan Beri Data dan Informasi Akurat

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 20 April 2016 16:54

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Keluarga Berencana (KB) memberikan sosialisasi kepada stafnya terkait program KB.

Dalam sambutannya, Asisten II Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Irwan Rusfiandi Adnan meminta para penyuluh KB untuk mendata dan memberikan informasi program KB yang cepat.

“Tepat dan akurat yang memenuhi kebutuhan pengelolaan operasional program, perencanaan dan evaluasi sasaran program KB,” ujar Irwan Rusfiandi saat membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Updating Pendataan Keluarga Tahun 2016 di Hotel Marine jalan Jend.Sudirman Kota Makassar, Rabu (19/4).

Dikatakan, salah satu upaya menunjang penyediaan data dan informasi bagi pengelolaan program kependudukan dan KB adalah pendataan keluarga yang dilakukan setiap 5 tahun sekali dan dilakukan pemuktahiran (updating) data setiap tahunnya.

“Maka saya berharap dan mengajak kepada para peserta agar memahami dan mengetahui tentang tata cara dan sistem updating pendataan keluarga, karena kebijakan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana diarahkan pada pengendalian penduduk yang salah satunya di fokuskan kepada peningkatan ketersediaan dan kualitas data dan informasi yang memadai, akurat dan tepat waktu,” ucap Asisten II Pemkot Makassar ini.

Dia menambahkan, salah satu program yang telah dicanangkan BKKBN Pusat adalah program Kampung KB, di mana program tersebut berawal dari program Lorong KB yang telah dilakukan oleh Badan KB Kota Makassar pada dua tahun terakhir.

“Untuk mensukseskan program tersebut tentunya diperlukan data yang berkualitas sebagai dasar untuk melakukan program kegiatan,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan KB Kota Makassar, Danial Pakambangan mengatakan, pencapaian peserta KB baru tahun 2015 sebanyak 38.840 akseptor atau 153,84% terhadap PPM 25.247 akseptor yang ditetapkan.

“Adapun kesertaan masyarakat secara aktif sampai dengan tahun 2015 sebanyak 121.892 akseptor atau 69,31% terhadap Pasangan Usia Subur (PUS) 175.857 PUS, kondisi ini menggambarkan dari setiap 10 pasangan keluarga di Kota Makassar terdapat 6 sampai 7 pasangan yang telah melaksanakan KB,” tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan KB Kota Makassar akan berlangsung selama 7 hari (20-26 April 2016) dan di ikuti oleh peserta dari UPT KB,PLKB dan dan Kader Pendata sebanyak 900 orang peserta yang terdiri 150 orang setiap angkatan.


Tag
  • penyuluh KB
  •  
    div>