SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Per Hari, Pasokan BBM di Sulsel Capai 3.500 Kiloliter

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 19 April 2016 17:04

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Pertamina mengklaim, pasokan BBM di Sulsel hingga saat ini belum pernah kekurangan. Hal Ini dinyatakan oleh Tengku Badarsyah, General Manager (GM) Pertamina Marketing Operasional Reginal VII Sulawesi, Selasa (19/4).

“Pasokan BBM dirata-ratakan 3.500 kiloliter per hari. Kalau premium sekitar 42.000 liter di Sulsel,” sebutnya usai menemui Wakil Gubernur Sulsel.

Bahkan, dikatakannya, jelang Ramadhan, pasokan BBM meningkat sekitar 10 persen. Kata dia, ini mulai meningkat pada saat memasuki H-5. “Tahun ini satgas mulai dari H-5 hingga H+10,” ucapnya.

Ia juga membeberkan setoran pajak BBM di Sulsel mencapai Rp 500 miliar tahun 2015.

Lebih jauh, Badarsyah mengungkapkan, saat ini masih banyak daerah yang terpencil yang belum terjangkau Pertamina. “Jangankan Pertamina, pemerintah pun mungkin tidak berkunjung ke sana,” ujarnya.

Salah satu kendala yang dihadapi, lanjutnya, yakni faktor transportasi. Badarsyah mencontohkan, terdapat daerah yang jalur laut maupun udaranya tidak ada, satu-satunya hanya jalur udara. “Kalau pakai pesawat kan bisa dihitung, lebih mahal biaya pesawat, daripada BBM-nya. Namun, kewajiban kami itu harus sampai,” katanya.

Untuk penetapan harga BBM di daerah yang sulit terjangkau, pihaknya melakukan negosiasi bersama pemerintah daerah (Pemda). Rencananya, Rabu besok, BPH Migas akan berkunjung ke Selayar untuk membentuk sub penyalur.

“Sub penyalur ini sebagai kontol pemerintah daerah berapa harga yang wajar di aebuah daerah. Soal kekurangan BBM, nanti kita pasok. Kami meminta pemerintah daerahnya untuk care membantu menetapkan harga, Rp 9.000 misalnya. Kalau ada di atas itu silakan proses,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sub penyalur di Selayar merupakan proyek percontohan di Sulsel. “Kalau ini selesai, semua daerah bisa mengikuti,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mendukung upaya Pertamina tersebut. Sebab, selama ini memang masih ada daerah yang masih sulit dijangkau, khususnya penyaluran BBM.

Disebutkan, terdapat daerah yang sampai Rp20 ribu per liter harga BBM-nya. Sebab, sewa motor untuk sampai ke daerah tersebut saja sampai Rp 1,5 juta.


Tag
  • Pasokan BBM
  •  
    div>