SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Perahu Penumpas Sampah ‘Pattasaki’ Sita Perhatian Kemenristek RI

Reporter:

Editor:

RRS

Rabu , 26 April 2017 10:51
Perahu Penumpas Sampah ‘Pattasaki’ Sita Perhatian Kemenristek RI

int

Editor : Rasmi Ridjang Sikati

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Perahu Angkat dan Angkutan Sampah Kita (Pattasaki) milik Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar  menarik perhatian pejabat kementrian di soft launching Hari Kebangkitan Teknologi nasional (Hakteknas) di Gedung II Lapangan Upacara BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

Perahu  Pattasaki merupakan ide awal dari Walikota Makassar yang menugaskan Kadis DP2 Rahman Bando  untuk merancang perahu yang berfungsi membersihkan sampah permukaan pantai. Ide ini kemudian direalisasikan tenaga teknis DP2.

Hasilnya,   Pattasaki telah beroperasi membantu meringankan kegiatan pembersihan pantai Losari setahun belakangan ini.

Saat didisplay di acara soft launching Hakteknas di gedung BPPT Kemenrisatek dan Dikti, Pattasaki menarik perhatian petinggi kementrian Kemenristek dan Dikti serta Kemenko Kemaritiman dan pengunjung.

Mereka terkesan dan mengapresiasi ide tersebut karena sederhana namun aplikatif. Bahkan Menteri Ristek dan Dikti RI saat mengunjungi stand Pemkot Makassar meminta Kadis DP2 Makassar agar bisa menghadirkan satu unit untuk di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang kota Makassar Iriani Puspa menyatakan akan segera mengurus hak paten perahu Pattasaki ini dengan koordinasi bersama DP2

Kepala DP2 Rahman Bando mengungkapkan, soft launching ini merupakan kegiatan awal menandai rangkaian kegiatan dan promo puncak acara Hakteknas ke-22 yang akan digelar di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Paotere Makassar, 10 Agustus 2017.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengungkapkan, ada empat hal menjadi titik fokus kelautan, yaitu penguatan kedaulatan maritim, pengelolaan SDA secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu, serta pengembangan SDM, iptek, dan budaya maritim.

Makassar dipilih karena merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Kemenristekdikti juga hendak mendorong munculnya berbagai inovasi dari daerah. Sebelumnya,  Hakteknas selalu diselenggarakan di Jakarta. (*)


Tag
div>