SABTU , 21 JULI 2018

Perbaikan Traffic Light Gunakan Dana Pribadi Dishub

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 06 Juli 2018 13:50
Perbaikan Traffic Light Gunakan Dana Pribadi Dishub

LAMPU MERAH: Salah satu traffic light (lampu merah) di Kota Makassar. Kerusakan lampu merah kerap meresahkan masyarakat karena menimbulkan kemacetan dan potensi kecelakaan. (Foto : MD FAJAR/RAKYAT SULSEL)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar telah memperbaiki sedikitnya tiga traffic light yang rusak di Jl Toddopuli-Pengayoman. Anggaran perbaikan tersebut menggunakan dana pribadi Dishub Kota Makassar. Padahal, anggaran perbaikan per tahunnya mencapai Rp300 juta.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Makassar, Andi Azminullah, mengatakan, pihaknya telah memperbaiki traffic light yang disambar kendaraan yang melintas.

“Perbaikan itu masuk dalam anggaran pemeliharaan. Tapi kita gunakan dana pribadi Dishub dulu karena kita baru tender tahun ini soal anggaran pemeliharaan,” ucap Azminullah.

“Tiang yang dipasang tersebut tiang lama, karena tidak ada pengadaan traffic light tahun ini,” sambungnya

Azminullah mengatakan, tahun ini Dishub tidak memiliki anggaran pengadaan traffict light yang baru, hanya anggaran untuk pemeliharaan yang hanya mampu mengcover traffict light yang bermasalah di delapan simpang jalan.

“Anggarannya itu sekira Rp300 sampai Rp400 juta. Itu untuk delapan simpang jalan, dari 30 simpang jalan,” ujarnya.

Azminullah menjelaskan, pihaknya saat ini telah mengusulkan bantuan anggaran ke dishub provinsi untuk traffic light yang berada di pertigaan Toddopuli-Batua Rayat-Borong. Traffic light tersebut merupakan pengadaan baru.

“Itu memang sudah rusak parah, sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki, tinggal pergantian dan kita sudah usulkan ke pemerintah provinsi karena itukan dulu bantuan provinsi. Tapi mungkin baru tahun depan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Muhammad Mario Said, mengatakan, kondisi traffict light di simpang jalan tersebut (Toddopuli-Pengayoman) sudah memprihatinkan.

Bahkan, beberapa hari yang lalu traffict di wilayah tersebut habis diserempet mobil sehingga harus segera dibenahi. “Kemarin ada yang serempet sehingga patah dan roboh,” singkatnya.

Mario juga akan berkoordinasi dengan timnya perihal laporan traffict light yang sudah tidak memungkinkan. “Kalau ada yang rusak nanti saya sampaikan untuk segera dibenahi,” ujarnya. (*)


div>