SELASA , 23 OKTOBER 2018

Perebutan Komisioner KPU Makassar Paling Sengit

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Iskanto

Selasa , 09 Oktober 2018 08:00
Perebutan Komisioner KPU Makassar Paling Sengit

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Persaingan untuk meraih kursi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar dipastikan berlangsung sengit.

Ketua Timsel Wilayah II, Hasrullah mengatakan, dari beberapa KPU kabupaten/kota yang membuka seleksi, KPU Kota Makassar cukup berat.

“Memang berat di Makassar karena jenjang pendidikan dan juga ada beberapa incumbent. Dari 129 pendaftar, kita terima 40 yang lulus berkas berdasarkan tiga penilaian,” kata Hasrullah.

Hasrullah menambahkan, sebanyak 280 calon komisioner KPU untuk tujuh daerah di Sulsel hari ini mengikuti ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Fakultas Kedokteran Unhas Makassar lantai 2.

“Baik untuk calon zona I dan zona II,” ujarnya.
Zona 1 meliputi Kabupaten Wajo, Luwu, Sidrap dan Pinrang. Sementara zona II meliputi Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Enrekang. “Pengumuman hasil tes tanggal 10,” katanya.

Selanjutnya, tanggal 11-15 Oktober tes psikologi, kemudian tanggal 16 penetapan hasil tes psikologi. Dan tanggal 17-19 Oktober pengumuman hasil tes psikologi. “Selanjutnya 10 nama dikirim ke KPU RI untuk ditentukan,” jelasnya.

Kata Hasrullah, semakin tinggi jenjang pendidikan maka nilai calon semakin tinggi. Kedua pengalaman organisasi non kepemiluan dan pemilu serta penilaian makalah.

“Kalau nilainya sama kita menilai makalah. Kami tidak mengambil penilaian lain, kami timsel bersandar pada SOP yang telah dibuat KPU pusat,” tambahnya.

Ia menegaskan pihaknya selalu profesional, tidak membuat ukuran yang sifatnya subjektif. Selain itu, kata Hasrullah, bobot penilaian yang cukup tinggi adalah pernah menjadi anggota KPU kabupaten/kota.

“Timsel juga sangat memperhitungkan dan menempatkan keterwakilan perempuan di KPU. Tapi kita tidak paksakan juga karena kita butuh orang – orang cerdas agar bisa menjaga marwah KPU ke depannya,” pungkas Hasrullah. (*)


div>