RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Perhatikan Fasilitas Olahraga, Bangun Stadion Baru

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 30 Mei 2017 12:06
Perhatikan Fasilitas Olahraga, Bangun Stadion Baru

int

SULAWESI Selatan butuh banyak pembenahan. Salah satunya fasilitas olahraga yang bisa menunjang prestasi bagi atlet di Sulsel.

Pemilihan Gubernur Sulsel memang baru akan digelar 2018 mendatang. Meski demikian, sejumlah bakal calon yang bermunculan sudah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat dan menginginkan Sulsel jauh lebih baik lagi.

Khusus di bidang olahraga, pemimpin Sulsel lima tahun kedepan diharapkan punya inovasi atau terobosan. Meski bidang ini kerap dikesampingkan, namun banyak yang berharap agar gubernur selanjutnya bisa lebih memperhatikan olahraga di Sulsel khususnya menyiapkan fasilitas yang memadai.

Pemerhati sepakbola Sulsel, Syamsuddin Umar mengatakan, pemimpin Sulsel nantinya diharapkan tidak saja memperhatikan persoalan ekonomi atau politik, namun juga harus melihat kondisi olahraga di Sulsel. Apalagi menurut Syamsuddin, terdapat lima puluh cabang olahraga yang ada di Sulsel namun fasilitas tidak memadai. Bahkan cabor ini tidak memiliki sarana khususnya di daerah-daerah. “Fasum (Fasilitas Umum) kususnya sarana olahraga saat ini masih kurang, khususnya di daerah,” katanya.

Mantan pemain PSM Makassar ini juga menyebutkan, saat ini pengamanan dan politik di wilayah Sulawesi Selatan sudah dianggap bagus, sehingga perlu peningkatan yang lain, khusus di bidang olahraga. “Olahraga bisa menjadi kontribusi dan Sulsel bisa menjadi ujung tombak mempromosikan olahraga kedepan,” ujar Syamsuddin.

Dirinya juga menyebutkan, dari beberapa cabang olahraga yang ada di Sulsel, yang paling diminati oleh masyarakat adalah sepakbola. Khusus PSM Makassar yang saat ini kurang diperhatikan oleh pemerintah kota maupun provinsi Sulsel. Padahal PSM Makassar, merupakan ikon Sulsel khususnya Makassar.

“Kita tahu sekarang, sepakbola saat ini hanya PSM Makassar yang ikut di kompetisi terbesar di Indonesia yaitu Gojek Liga I, khususnya di pulau Sulawesi, tapi kita lihat stadion yang dipakai menjadi kandang sudah begitu tua,” tuturnya pelatih sepakbola Sulsel PON Jabar ini.

[NEXT-RASUL]

Syamsuddin berharap, pemerintah kedepan bisa lebih fokus untuk menyelesaikan stadion Barombong yang kapasitasnya hingga 50 ribu penonton. Sehingga PSM dan para penonton bisa merasakan bagaimana sepakbola Sulsel bisa tambah disegani oleh orang luar.

“PSM sudah menjadi ikon Sulsel khususnya Makassar, dan perlu sentuhan bisa dilihat kedepan, dan bagaimana pemerintah juga bisa cepat menyelesaikan stadion Barombong,” ungkapnya.

Sementara itu, mantan pemain PSM Makassar era 80, Ali Baba mengharapkan, pemimpin Sulsel kedepan lebih memajukan olaraga dan membangun fasilitas sarana dan prasarana olahraga, apalagi sejauh ini begitu banyak cabor, namun sarananya masih kurang.

“Kedepannya kita menginginkan pemimpin seperti Gubernur Jawab Barat, yang sangat cinta dengan olahraga, dan kita bisa berprestasi,” katanya.

Dirinya juga menyebutkan, olahraga merupakan simbol untuk menaikkan nama daerah dan menginginkan gubernur kedepan menghargai prsetasi olahragawan. “Secara pribadi dan orang-orang yang suka olahraga pastinya kita menginginkan figur yang bisa mengangkat prestasi olahraga di Sulsel,” ucapnya.

Ali Baba berharap, kedepan pemerintah bisa memberikan fasilitas umum, khususnya menyelesaikan stadion Barombong. “Boleh dikata tidak ada stadion yang bisa dibangggakan di Makassar, ini menandakan figur-figur gubernur kedepan secara nyata mereka harus membangun stadion yang kelak bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel,” ungkapnya. (D)


Tag
  • Pilgub 2018
  •  
    div>