RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Perihal Laporan Dana Kampanye, KPU Parepare Bimtek Operator Parpol

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Sabtu , 15 September 2018 15:35
Perihal Laporan Dana Kampanye, KPU Parepare Bimtek Operator Parpol

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi dan Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang diikuti operator dari seluruh Partai Poltik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Kegiatan ini digelar di Hotel Bukit Kenari, Sabtu (15/9/2018).

Komisioner Divisi Hukum KPU Parepare, Hasruddin menjelaskan, dalam Bimtek tersebut KPU memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye (Sidakam) yang bisa memudahkan peserta pemilu untuk pelaporan dana kampanye.

“Hari ini kita fokus dipenyampaian informasi pembukaan rekening dan kampanye dan pelaporan awal dana kampanye yang berakhir pada tanggal 23 September mendatang,” ujarnya.

Nantinya kata dia, laporan dana kampanye terdiri dari Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

“Setiap peserta Pemilu harus memilki rekening khusus dana kampanye yang dibuat di Bank umum sebelum masuk tahapan kampanye,” terangnya.

Lebih lanjut, Hasruddin mengatakan sumber dana kampanye berasal dari perseorangan, kelompok, dan badan usaha non pemerintah.

“Batasan sumbangan dana kampanye untuk perseorangan maksimal Rp. 2,5 miliar, untuk kelompok maksimal Rp. 25 miliar, dan untuk badan usaha non pemerintah maksimal Rp. 25 miliar,” lugasnya. (MP1)


div>