RABU , 14 NOVEMBER 2018

Peringati 3 Tahun DIA, DP Ruang Gratiskan Sertifikasi Pelaku Teknis Bangunan di Makassar

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 06 April 2017 20:40
Peringati 3 Tahun DIA, DP Ruang Gratiskan Sertifikasi Pelaku Teknis Bangunan di Makassar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, di sela-sela kunjungannya melihat langsung berbagai hasil karya di bidang Arsitektur dalam kegiatan pameran Architecture Convention, menjadi pendaftar pertama yang mengajukan permohonan Surat Ijin Pelaku Teknis Bangunan (SIPTB) di booth Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, di Hotel Fours Point by Sheraton, Rabu (5/4) kemarin.

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, Ahmad Kafrawi menjelaskan bahwa SIPTB merupakan sertifikat yang diberikan kepada pelaku teknis bangunan gedung sebagai bentuk pengakuan Pemerintah Kota Makassar kepada mereka dalam melakukan praktek profesinya di Kota Makassar

“Kegiatan pendaftaran permohonan SIPTB ini menjadi rangkaian simbolis untuk membuka ruang besar bagi pelaku teknis bangunan gedung dalam hal ini yang berprofesi sebagai arsitek, sipil struktur, insiyur mekanik dan elektrik untuk melakukan praktek profesinya di Kota Makassar,” terang Kafrawi, Kamis (6/4).

Dengan, penerapan SIPTB ini di Makassar, lanjut Kafrawi, merupakan sebuah upaya besar dalam hal memberikan pemahaman kepada pelaku teknis bangunan baik yang akan membuka praktek secara profesional maupun yang telah berprofesi tentulah harus memiliki ijin praktek tersebut.

“Pemberian ijin ini diharapkan agar pelaku teknis bangunan yang ada bisa terdaftar, termasuk yang memiliki praktek secara profesional. Sehingga pemahaman lokal konteks mereka dalam bekerja sesuai dengan profesinya juga sesuai dengan aturan bangunan gedung yang berlaku di Kota Makassar,” terangnya.

Acara launching SIPTB ini juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi bagi para profesi perencana bangunan dan kawasan binaaan agar profesi mereka memiliki ijin praktek di wilayah Kota Makssar.

“Jadi SIPTB ini layaknya surat ijin praktek bagi dokter, apoteker, bidan, pengacara dan berbagai profesi lainnya,” tambah Kafrawi

Adapun kelengkapan dan syarat untuk memperoleh SIPTB tersebut, pelaku teknis bangunan harus menyiapkan beberapa dokumen penting diantaranya wajib memiliki SKA, pengalaman kerja dan rekomendasi dari asosiasi profesi yang bersangkutan.

Rencananya penerbitan dan pemberian sertifikat SIPTB ini akan digratiskan, hal tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan momen anniversary 3 tahun DIA (tagline Danny – Ical) berkarya dan melayani Kota Makassar, pada awal bulan Mei mendatang.


div>