Peringati Hari Rabies Sedunia, DPKP Maros Bakal Gelar Vaksin Gratis

ILUSTRASI

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros akan menggelar pemberian vaksin rabies gratis di Hutan Kota, Minggu, 1 Oktober mendatang.

Hal itu diungkapkan Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, drh Ujistiany Abidin, Jumat, 29 September.

Ujistiany mengatakan kegiatan pemberian vaksin ini dilakukan sebagai rangkaian memperingati hari rabies dan hanya digelar sehari saja.

“Ini kita gelar sebagai rangkaian peringatan hari rabies,” akunya.

Olehnya itu dia mengimbau bagi warga Maros yang memiliki hewan kucing maupun anjing bisa datang membawa hewan peliharaannya.

“Untuk hewan anjing kucing, umurnya minimal satu bulan untuk yang divaksinasi. Tapi kita juga ada kegiatan konsultasi dan pelayanan kesehatan,” paparnya.

Dia juga mengaku kegiatan ini hanya akan digelar sehari saja. Tetapi setelah itu pihaknya tetap melakukan pelayanan.

“Memang hanya sehari, tapi setelahnya kita tetap melakukan pelayanan,” sebutnya.

Dia mengatakan fokus kegiatan ini lebih kepada pemeriksaan hewan seperti kucing dan anjing.

Hal itu dikarenakan, kesehatan jenis hewan itu tidak menutup kemungkinan merupakan faktor utama penyebab penyakit rabies. Apalagi jika faktor kesehatannya tidak terlalu diperhatikan.

“Harapan kita banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan kita berharap lewat kegiatan ini hewan peliharaan kita bisa sehat,” pungkasnya. (*)