SENIN , 18 DESEMBER 2017

Peringati HKN, Kejari Gandeng RSUD Parepare Gelar Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Wanita

Reporter:

Editor:

niar

Rabu , 25 Oktober 2017 17:56
Peringati HKN, Kejari Gandeng RSUD Parepare Gelar Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Wanita

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Dalam memperingati Hari Kanker Nasional, Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare menggandeng RSUD Andi Makkasau menggelar pemeriksaan deteksi dini terhadap kesehatan reproduksi wanita, seperti kanker serviks dan payudara.

Pemeriksaan secara gratis ini dilakukan di Aula Kejari Parepare, Rabu, (25/10/2017).

Pada kegiatan tersebut, pihak RSUD bersama Ikatan Bidan Indonesia melibatkan 14 tenaga kesehatan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parepare, Reskiana Ramayanti, mengatakan, kegiataan bertajuk ‘Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara’ ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Kejaksaan bagi kesehatan kaum hawa, khususnya yang ada di Parepare.

“Kita berharap kegiatan ini bermanfaat bagi mereka yang datang memeriksakan diri. Karena melalui ini, mereka dapat mengetahui tentang apa itu kanker serviks, dan bagaimana pencegahannya,” katanya.

Lebih lanjut Reskiana mengatakan, permasalahan kanker menjadi sebuah beban. Bukan hanya penderita, tetapi juga keluarga dan pemerintah.

“Karena itu kita berikan perhatian serius terhadap kaum hawa. Melalui deteksi dini, kita berharap perempuan lebih waspada terhadap bahaya kanker,” pungkas Reskiana.

Sementara, Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Makkasau Parepare, Hj Puppung menguraikan, kanker serviks dan payudara sangat berbahaya bagi kaum perempuan. Di RSUD Andi Makkasau kata dia, sedikitnya ada 50 pasien yang menderita kanker serviks dan payudara.

“Jadi, penting bagi kita kaum perempuan untuk sedini mungkin memeriksakan diri. Jangan menunggu penyakit ini menjalar ke banyak organ lain,” tegas dia.

Lebih lanjut Hj Puppung menambahkan, sudah saatnya masyarakat diberikan pemahaman mengenai hidup sehat demi kelangsungan hidupnya. Hal wajib yang perlu diperhatikan adalah fokus memperbaiki gaya hidup, salah satunya dalam pola makanan.

“Ada beberapa tanda-tanda gejala penyakit ini yang perlu kita ketahui, seperti keputihan dan berbau yang jika dialami kaum hawa, maka perlu untuk diperiksa secepatnya,” katanya. (nia)


div>