SELASA , 16 OKTOBER 2018

Perkenalkan, Mahasiswi FK Unhas yang Sabet Juara di Malaysia, Masih Jomblo

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 30 April 2018 21:28
Perkenalkan, Mahasiswi FK Unhas yang Sabet Juara di Malaysia, Masih Jomblo

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar, kembali mengharumkan nama baik almamaternya di kanca internasional.

Mereka adalah dua mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Unhas angkatan 2015. Masing-masing Ummu Aiman dan Husnul Khatimah. Keduanya menorehkan prestasi dengan meraih medali perak dalam Asia Innovation Show 2018 yang diselenggarakan Universitas Teknologi Mara Malaysia, di Penang, Malaysia beberapa waktu lalu.

Dalam lomba ini, keduanya mempresentasikan hasil risetnya berupa balsem yang dapat mengobati nyeri sendi atau artritis. Hasil inovasi ini dibuat Ummu bersama temannya dari limbah kulit bawang merah yang telah diteliti secara ilmiah di Unhas.

Ummu Aiman yang ditemui menceritakan tentang cita-citanya semasa kecil. Bahkan impian semasa kecil ingin menjadi dokter. Oleh sebab itu, setelah tamat SMA. Ia kemudian melanjutkan studi mendaftar melalui SBMPTN di Universitas Hasanudin tahun 2014 lalu.

“Cita-cita sejak kecil jadi dokter. Jadi saya pilih kesehatan. Alasan memilih jadi dokter dari awal untuk menolong orang,” ujarnya saat ditemui, Senin (30/4/2018).

Kendati untuk mengejar impian di Fakultas kedokteran sempat gagal di tahun 2014 itu, sehingga dirinya memilih jurusan lain yakni Farmasi untuk menunggu tahun berikutnya.

Seperti kata pepatah “coba lagi”, Ummu yang juga anak kedua dari tiga bersaudara itu mencoba nasib untuk tes SBMPTN tahun 2015 denganĀ  jurusan yang sama yaitu fakultas kedokteran umum. Dengan tekadnya ia kemudian lulus.

“Saya alumni SMA 2014 pertama tes SBMPTN jurusan FK umum tapi tidak lulus. Kemudian saya ambil jurusan farmasi sementara. Tahun 2015 saya tes kembali SBMPTN denganĀ  jurusan yang sama, alhamdulillah lulus sesuai harapan,” kata Alumni SMA 21 Makassar itu.

Saat ditanya kelak setelah tamat dari Strata satu (S1) Unhas. Apa impian selanjutnya, apakah langsung ingin ke kursi pelaminan atau lanjut pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Alumni SMP 6 Makassar ini tegas menyatakan, dirinya saat ini masih bebas (jomblo) sehingga setelah tamat S1, akan melanjutkan pendidikan Magister (S2) untuk memperdalam profesi ilmu medis.

“Belum kepikiran menikah. Saat ini juga masih bebas (tidak ada pacar). Kalau nanti setelah tamat kuliah, saya rencana lanjut S2 sampai S3,” ungkapnya.

Meski lahir dari keluarga berkecukupan, namun perempuan kelahiran 1996 dan memiliki hobi membaca itu memiliki tekad untuk terus mengejar ilmu.

Ummu lahir di Kota Makaassar, namun sejak kecil ia menghabiskan waktu di Padang Sumatera Barat hingga tamat SMP. Kemudian kembali ke Makassar untuk lanjutkan SMA dan jenjang pendidikan tinggi.

“Waktu kecil habiskan waktu di Sumatera Barat. Hobi membaca, waktu SMP dan SMA sering ikut lomba,” katanya.

Prestasi yang pernah ia raih antara lain, juara 1 lomba bahasa Jepang, juara 3 cerdas cermat saat pelaksanaan 4 pilar kebangsaan di Sulsel, juara lomba fisika. (*)


Tag
  • Ummu Aiman
  •  
    div>