RABU , 17 OKTOBER 2018

Perkiraan Pelaksanaan Tes CPNS 2018

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 16 Juli 2018 15:00
Perkiraan Pelaksanaan Tes CPNS 2018

int

SURABAYA,RAKYATSULSEL.COM – Pelaksanaan tes CPNS 2018 diperkirakan bulan Agustus atau September 2018. Pendaftaran CPNS 2018 akan didahului dengan penetapan formasi yang direncanakan akhir Juli ini.

Penetapan formasi dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

“Akhir Juli kami akan menghadap kementerian PAN-RB untuk saling kroscek penetapan formasi itu,” ujar Kepala BKD Jatim Anom Surahno saat dikonfirmasi, Minggu (15/7).

Hanya saja, dirinya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan ujian calon ASN tersebut. Namun dengan finalisasi formasi akhir bulan nanti, diperkirakan tes bakal diselenggarakan antara Agustus atau September mendatang.

“Itu baru kebutuhan (akhir bulan, Red) formasinya berapa, akan ditempatkan dimana,” jelasnya.

Dari informasi yang diterimanya, Kemen PAN-RB telah memberi sinyal bahwa porsi formasi banyak diberikan pada dua bidang, pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan di dua sektor ini sesuai dengan harapan Pemprov Jatim. Sebab, PNS bidang pendidikan dan tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat yang pensiun jumlahnya tertinggi.

“Yang penting jadi prioritas. Lainnya mendukung, setelah pendidikan dan kesehatan, baru infrastruktur. Ini untuk mempersiapkan Jatim jadi provinsi industri. Tenaga kerja yang mumpuni untuk itu,” bebernya.

Desakann terkait dengan digelarnya tes CPNS datang dari anggota Komisi A DPRD Jatim Qusnul Aqib. Menurutnya, PNS di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi dan Kabupaten/kota di Jatim mulai mengalami kekurangan, terutama untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.
Pemprov Jatim kekurangan PNS karena ada 1.200 orang yang pensiun pada tahun 2016 dan 1.231 orang pensiun 2017. (jpnn)

 


div>