SABTU , 16 DESEMBER 2017

PERMAK Minta KPU Kedepankan Integritas

Reporter:

Editor:

Muh Sophian AS

Senin , 27 November 2017 18:52
PERMAK Minta KPU Kedepankan Integritas

Unjuk Rasa (illustrasi)

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Perhimpunan Mahasiswa dan Masyarakat Anti Korupsi (Permak) Sulsel menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras), di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Jalan AP Pettarani, Senin (27/11).

Dalam unras tersebut mengingatkan tugas KPU sebagai penyelenggara pada pemilu 2018 mendatang. Yakni menegakkan aturan secara independen untuk para calon gubernur yang akan maju pada Pilgub 2018 mendatang.

Jenderal Lapangan Permak Sulsel, Abdillah dalam orasinya mengatakan, KPU adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Diberikan tugas dan wewenang dalam penyelenggaraan pemilihan berdasarkan ketentuan yang diatur dalam undang-undang.

“Olehnya itu, untuk mengawal pesta demokrasi khususnya pilgub sulsel agar tercipta pemilihan yang jujur, terbuka dan adil. Perlu kerja keras baik dari penyelenggara dalam hal ini KPU Sulsel untuk mengawal pesta demokrasi ini sehingga melahirkan pemimpin yang mampu membawa Sulsel sebagai garda terdepan di wilayah timur Indonesia yang mampu bersaing secara nasional dan internasional,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dinamika pertarungan Pilgub Sulsel mulai memanas, bahkan mulai ada black campaign dan negative campaign bermunculan. Sebagai bahan jualan untuk menarik para simpatisan pemilih untuk memilih salah satu calon.

“Kami dari permak melakukan pengawalan dan mengingatkan KPU Sulsel agar menegakkan aturan secara independent,” jelasnya.

Adapun salah satu poin penting yang menjadi tuntutan permak yakni syarat pencalon pidana berulang sesuai pasal 4 ayat 1 huruf G dan dipertegas pada ayat 2 bahwa tidak bisa menjadi calon jika pernah dipidana lebih dari satu kali. Apalagi pidana korupsi karena kajahatan korupsi adalah kejahatan luar biasa. “Kejahatan berat (extra ordinary crime) yang tentunya merusak tatanan kehidupan bernegara,” tegasnya. (*)


div>